Jenis Kunci Pas dana Fungsinya

Mengenali Fungsi dan Jenis Kunci Pas yang perlu Anda ketahui.

Fungsi dan Jenis Kunci Pas – Di artikel ini, kita akan belajar lebih banyak tentang peralatan yang biasa digunakan di industri otomotif dan manufaktur, serta di rumah sebagai alat bantu untuk berbagai perbaikan. Perkakas tangan dan perkakas mesin adalah dua jenis perkakas kerja yang sekarang digunakan.

Penggerak kedua alat tersebut berbeda, yaitu alat mesin menggunakan tenaga mesin untuk menggerakkannya dan alat tangan menggunakan tenaga manusia. Dengan kata lain, perkakas tangan adalah alat bantu kerja yang memerlukan pemanfaatan tenaga tangan manusia setiap saat.

Kunci Pas adalah kategori perkakas tangan (Hand Tools) yang termasuk perlengkapan yang akan dibahas di bawah ini. Fungsi dari kunci ini adalah untuk memutar (mengencangkan dan melepas) baut/mur.

Terbuat dari baja yang dikeraskan dan dilapisi dengan krom atau nikel sehingga tidak mudah aus. Pada hampir setiap unit kompetensi perbaikan kendaraan bermotor, pemasangan dan pelepasan baut/mur, sekrup, dan kancing merupakan suatu kewajiban.

Kunci pas/cincin/heksagonal kombinasi (Hexagonal Wrench) digunakan untuk memasang/melepas baut dan mur yang berdimensi heksagonal (Heksagonal), sedangkan Kunci Persegi digunakan untuk memasang/melepas baut dan mur dengan kepala baut segi empat. Kunci dibuat dalam berbagai bentuk untuk digunakan dalam berbagai keadaan, lokasi, dan diameter baut/mur.

Kunci kombinasi pada dasarnya adalah kunci pas dan kunci pas cincin yang digabungkan. Alhasil, penggunaan kunci kombinasi adalah kombinasi kunci ring di setiap ujungnya dengan ukuran yang sama, serta kunci yang melengkapi kekurangan kunci pas dan kunci ring. Pada gagang kunci pas, kedua jenis kepala dengan ukuran segi enam yang sama dapat ditemukan.

Kunci pas “kombinasi” adalah nama untuk kunci pas jenis ini. Batang dicetak dengan ukuran, yang berkisar dari 6mm hingga 32mm. Kedua ujung ring offset dan ujung terbuka biasanya berorientasi pada 15 derajat ke poros. Ujung Ring/End (Round) dan Fit/Open (U) dari Kunci Pas Kombinasi memiliki ukuran yang sama tetapi memiliki bentuk yang berbeda.

🔴 TRENDING:  Panduan dan Langkah Bagaimana Cara Menghapus Riwayat Pencarian Instagram di Smartphone dan Komputer

DAFTAR ISI

3 Jenis Kunci Pas dana Fungsinya

Kunci Pas (ujung terbuka)

Kunci Pas (ujung terbuka)

Kunci pas terbuat dari logam paduan Chrome Vanadium, dengan sudut 15 derajat di kedua ujungnya pada shank dan sudut 90 derajat pada kunci pas khusus.

Kunci pas biasanya dibagi menjadi dua ukuran kunci. Ukuran seperti 6 mm dan 7 mm, dan seterusnya. Lebar mulut kunci ditentukan oleh ukuran kunci, yang juga menentukan lebar kepala baut atau mur.

Ukuran metrik (mm) dan imperial (inci) digunakan untuk mengukur kunci pas. Ukuran mulai dari 4 mm hingga 80 mm tersedia dalam ukuran satuan metrik. Dan ukuran 6 mm dengan kenaikan 1 mm setiap 1 mm sampai ukuran kunci 36 mm yang biasa dipakai di bengkel kendaraan, kecuali ukuran 31 mm, 33 mm, 34 mm, dan 35 mm tidak diberikan.

Kunci Ring (Box wrench)

Logam paduan Chrome Vanadium juga digunakan untuk gantungan kunci. Kunci ring digunakan untuk memasang atau melepas kepala baut atau mur dengan momen pengencangan yang cukup besar dan cukup kecil untuk dikerjakan.

Terdapat cincin berdimensi heksagonal atau lebih besar pada lubang berdiameter di ujung kepala kunci ini. Kunci pas ini mencengkeram seluruh kepala baut atau mur dan lebih kuat dan lebih ringan daripada kunci pas. Kunci ring memiliki pegangan yang lebih panjang daripada kunci pas, dan gaya tuas kunci ring lebih besar.

Kunci Kombinasi (Combination wrench)

Kunci kombinasi adalah kunci yang menggabungkan kunci pas dan kunci ring di setiap ujungnya dengan ukuran yang sama dan merupakan kunci yang melengkapi kekurangan kunci pas dan kunci ring sekaligus lebih mudah digunakan. Saat mengganti pengencang dengan ukuran yang sama di posisi yang berbeda, kunci ini sangat berguna.

🔴 TRENDING:  Cara Mengatasi Berkurangnya Kecepatan Indihome

Ukurannya berkisar dari 6 mm hingga 32 mm, dan kuncinya memiliki gaya kepala 6 persegi yang sama. Kunci pas dan kunci ring memiliki kelemahan karena tidak dapat mencapai kepala baut dan mur yang terkubur, serta memiliki momen atau torsi pengencangan yang rendah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *