Tips Menciptakan Performa Lebih Meningkat dari Karyawan dan Usaha

Tips Menciptakan Performa Lebih Meningkat dari Karyawan dan Usaha

Bagiamana cara dan Tips Menciptakan Performa Lebih Meningkat dari Karyawan dan Usaha? Menjelang Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), para pemilik Usaha Kecil Menengah (UKM) berlomba-lomba membangun usahanya agar mampu bersaing dengan produk luar negeri.

Usaha kecil dan menengah (UKM) ini bahkan bersedia mengeluarkan biaya lebih untuk mengembangkan perusahaan dalam hal produktivitas, tetapi tidak semua UKM memiliki cukup uang untuk menerapkan langkah-langkah yang mahal. Masalah keuangan yang tidak mencukupi telah menjadi masalah abadi bagi pemilik bisnis sepanjang sejarah.

Aspek yang Mempengaruhi Produktivitas Organisasi Anda

Inovasi sangat penting untuk pertumbuhan perusahaan. Agar inovasi terus berlanjut, produktivitas adalah kriteria utama selain inovasi.

Produktivitas pada akhirnya mendukung seluruh prosedur operasional perusahaan. Mengakhiri tahun 2015 di dekat Masyarakat Ekonomi Asean

Berikut adalah tiga variabel terpenting yang perlu dipertimbangkan untuk meningkatkan produktivitas organisasi Anda.

1. Perilaku Pengusaha

Perilaku wirausahawan dalam manajemen bisnis akan berdampak pada operasional perusahaan secara keseluruhan. Pola pikir wirausaha dan pola pikir administratif adalah dua atribut penting yang harus dimiliki wirausahawan.

Pola pikir kewirausahaan adalah kapasitas mental seseorang untuk inovasi, kepemimpinan, pengambilan keputusan, pandangan ke depan, dan pemecahan masalah.

Seseorang dengan pola pikir kewirausahaan yang kuat biasanya mandiri, individualistis, dan optimis. Mentalitas administratif terdiri dari dua komponen: kapasitas analitis dan orientasi realitas.

Kemampuan untuk mengumpulkan informasi, berpikir rasional, menghitung data, dan memecahkan masalah termasuk kemampuan analitis. Kemampuan terhadap kenyataan meliputi kemampuan untuk berkolaborasi, bernalar secara logis, konsisten, dan stabil.

2. Strategi

Strategi yang baik adalah yang mendukung visi dan tujuan organisasi. Usaha kecil dan menengah (UKM) harus menggunakan taktik pemasaran yang berbeda dari perusahaan raksasa.

Rencana tersebut harus disesuaikan dengan berbagai sektor pasar sasaran. Karena terbatasnya anggaran pemasaran UKM, diperlukan kreativitas untuk mengembangkan teknik pemasaran yang paling efektif dengan biaya minimal atau tanpa biaya.

3. Performa Usaha

Kinerja suatu korporasi akan menentukan tumbuh atau tidaknya suatu korporasi. Kinerja yang baik ditandai dengan penjualan yang tinggi, profitabilitas, dan pengembalian modal, serta perputaran karyawan yang rendah dan pangsa pasar yang besar.

Kualitas pemilik, strategi bisnis, dan kesuksesan bisnis adalah tiga faktor yang saling terkait dan saling bergantung. Seorang wirausahawan yang kompeten akan mengembangkan rencana bisnis yang sesuai dengan visi dan misi perusahaan, sehingga meningkatkan kinerja bisnis.

Metode Sederhana Meningkatkan Produktivitas Usaha Kecil dan Menengah (UKM)

1. Mengadopsi model bisnis online

Bisnis berbasis web adalah pendekatan yang sangat baik untuk menawarkan produk Anda tanpa menimbulkan biaya bangunan atau iklan. Pengeluaran ini dapat digunakan untuk mendanai inovasi produk, sehingga produk dapat terus berkembang.

Pada tahun 2013, jumlah pengguna internet di Indonesia mencapai 74,6 juta, dan 20 persen pengguna internet berbelanja secara online. Prospek bisnis online juga cukup optimis.

Pada 2014, ada 82 juta pengguna internet, 24 persen di antaranya pernah berbelanja online. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia semakin meningkat dan perdagangan online akan terus berkembang.

Ada banyak cara untuk melakukan bisnis online, termasuk mendaftar di beberapa platform e-commerce atau mengembangkan situs web Anda sendiri, yang akan menghabiskan lebih banyak uang.

Selain situs e-commerce gratis, platform media sosial seperti Facebook dan Instagram dapat digunakan untuk menjual barang.

2. Memanfaatkan Sistem Berbasis Cloud

Sistem berbasis cloud adalah sistem layanan berbasis internet atau online yang memungkinkan pengusaha untuk dengan mudah memproses, menyimpan, dan mengakses data mereka terlepas dari lokasi mereka.

Lebih efisien menggunakan solusi berbasis cloud karena meminimalkan anggaran untuk sumber daya. Selain itu, sistem operasional dan manajemen disederhanakan ketika sistem pribadi atau bisnis terhubung ke cloud atau server sehingga dapat dengan mudah dipantau dan dikelola.

Biaya menggunakan sistem cloud tidak terlalu mahal. Anda cukup membayar harga pemakaian bulanan standar sistem untuk mengakses semua aplikasi yang ada. UKM saat ini menggunakan banyak alat manajemen dan akuntansi berbasis cloud.

Solusi ini sangat ideal untuk pemilik UKM yang ingin menangani keuangan mereka sendiri atau dengan tim kecil.

Karyawan merupakan faktor terpenting dalam menentukan pertumbuhan suatu perusahaan, terutama bagi Anda yang menjalankan Usaha Kecil Menengah (UKM).

Anggaran yang ketat tidak akan menghalangi Anda untuk meningkatkan output staf Anda.

5 Metode Cara Efektif untuk Meningkatkan Produktivitas Karyawan

1. Bangun Tempat Kerja yang Produktif

Suasana hati orang di tempat kerja akan dipengaruhi oleh lingkungan kerja. Oleh karena itu, tempat kerja atau workstation harus kondusif untuk pekerjaan mereka.

Karyawan akan merasa nyaman dan dapat berkonsentrasi secara efektif karena tata letak dan fasilitas ruang kerja yang khas, seperti AC dan kursi serta meja yang nyaman.

2. Menyediakan Layanan dan Fasilitas bagi Karyawan

Tingkat kenyamanan karyawan akan dipengaruhi oleh pelayanan atau jasa perusahaan. Bentuk pelayanan atau jasa dapat berupa manfaat ekonomi seperti asuransi.

Selain itu, mungkin berbentuk fasilitas seperti restoran dan perangkat elektronik. Oleh karena itu, karyawan akan termotivasi dalam bekerja.

3. Tingkatkan Kreativitas Karyawan untuk Inovasi

Inovasi membutuhkan ruang yang memadai bagi karyawan. Inovasi produk merupakan faktor terpenting bagi para pengusaha, khususnya pemilik UKM, untuk dapat bersaing dalam usahanya.

Umpan balik karyawan sangat penting untuk meningkatkan kualitas produk atau layanan. Membatasi jangkauan mobilitas mereka akan membunuh imajinasi mereka. Seminar, buku, dan pelatihan adalah semua metode untuk meningkatkan kreativitas karyawan.

4. Atur Acara Sosial

Acara yang diselenggarakan oleh perusahaan merupakan salah satu metode untuk membina hubungan dengan karyawan. Hal ini memungkinkan organisasi untuk mengomunikasikan visi dan tujuannya, serta meminta umpan balik karyawan.

Ciptakan acara yang menyenangkan dan memiliki tujuan bersama. Acaranya bisa berupa makan bersama, mengunjungi tempat wisata, atau jalan-jalan ke luar negeri.

Kegiatan ini tidak memiliki anggaran yang besar dan dapat diselenggarakan pada hari libur atau akhir pekan. Akibatnya, hubungan perusahaan dengan karyawannya akan menjadi lebih kekeluargaan dan kohesif. Jelas, ini bisa menginspirasi orang untuk bekerja lebih keras.

5. Membangun sistem penghargaan dan hukuman

Penghargaan dan hukuman dianggap sebagai cara paling efektif untuk meningkatkan motivasi dan produksi karyawan sambil juga mengajari mereka.

Karyawan yang berkembang diberi penghargaan, sedangkan yang melanggar peraturan dihukum. Struktur penghargaan meliputi kenaikan gaji, bonus dan komisi, promosi, piala, dan sertifikasi.

Hukuman, di sisi lain, dapat berupa pengurangan gaji atau jabatan, lebih banyak uang lembur, dan bahkan pemutusan hubungan kerja. Sistem reward and punishment akan menginspirasi karyawan untuk lebih produktif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *