Aman dengan Telegram: 5 cara untuk meningkatkan privasi Anda

Telegram adalah salah satu alternatif WhatsApp paling andal dan salah satu aplikasi perpesanan instan paling kaya fitur. Namun, mereka tidak selalu yang paling sadar privasi, jadi NextPit akan menunjukkan kepada Anda cara mengoptimalkan pengaturan privasi Anda sebanyak mungkin di Telegram.

Ini sudah disebutkan dalam ulasan Telegram kami. Pengaturan standar tidak cocok. Secara default, Telegram menerbitkan dan menampilkan nomor telepon Anda, dan Anda akan diberi tahu melalui daftar kontak Anda segera setelah Anda membuat akun.

Secara pribadi, saya benci interaksi yang tidak diinginkan semacam ini di mana orang lain dapat melihat atau mengetahui apakah saya menggunakan aplikasi tertentu. Untungnya, Telegram menawarkan beberapa fitur keamanan dan privasi yang membantu Anda mengontrol visibilitas dalam aplikasi Anda.

Putuskan siapa yang dapat menambahkan Anda ke grup atau melakukan panggilan

Telegram menawarkan sejumlah opsi untuk mengelola siapa yang bisa dan siapa yang tidak bisa bekerja dengan akun Anda. Salah satunya adalah di bawah pengaturan izin yang menunjukkan siapa yang dapat menambahkan akun ke grup atau panggilan.

Ini memungkinkan Anda memilih untuk mencegah seseorang menambahkan Anda ke grup atau melakukan panggilan, atau cukup membatasi izin ini ke kontak atau bagian dari mereka. Ini adalah pilihan yang bagus menurut saya, terutama karena profil Anda tersedia untuk umum untuk semua anggota grup.

Untuk mengelola izin ini:

  1. Buka Pengaturan dan pilih Privasi & Keamanan
  2. Pergi ke grup atau telepon
  3. Pilih seseorang yang dapat menambahkan Anda ke grup atau telepon Anda: Semua Orang, Kontak Saya (atau siapa saja jika Anda hanya memiliki panggilan telepon)

Anda tidak dapat mengatur izin untuk menambahkan ke grup ke Tidak Ada. Dalam skenario kasus terbaik, Anda dapat membatasi interaksi ini hanya untuk kontak. Namun, Anda dapat menambahkan pengecualian untuk mencegah satu atau beberapa kontak tertentu menambahkan Anda ke grup. Cukup tambahkan secara manual ke daftar di bawah Tambahkan Pengecualian.

Dalam hal menelepon, ini adalah permainan bola yang sama sekali berbeda. Anda dapat mengatur izin Semua Orang untuk mencegah pengguna menambahkan Anda ke panggilan. Anda juga dapat menambahkan pengecualian dalam kedua cara. Mengizinkan satu atau beberapa kontak yang dipilih untuk menelepon Anda meskipun batasnya tidak disetel ke “Tidak seorang pun”, batasnya disetel ke “Kontak Saya” atau “Hindari semua orang” melakukan panggilan telepon jika Anda melakukannya.

🔴 TRENDING:  15 Cara Jadi Selebgram Paling Ampuh, Auto Kaya!

Sembunyikan nomor telepon Anda

Ini adalah fitur utama, dan salah satu yang sudah dikenal oleh sebagian besar pengguna Telegram, tetapi mungkin juga yang paling berguna bagi pengguna baru. Secara default, nomor telepon Anda akan dipublikasikan di Telegram. Jika Anda berada dalam grup publik, siapa pun yang melihat profil Anda dapat melihat nomor Anda.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan saat meluncurkan aplikasi untuk pertama kalinya adalah menyembunyikan nomornya. Untungnya, ini sangat mudah dilakukan.

  • Buka pada bagian Pengaturan kemudian ke bagian Privasi dan Keamanan
  • Pilih nomor telepon
  • [Siapa yang dapat melihat nomor telepon saya? ], pilih [tidak ada]
  • [Siapa yang dapat menemukan saya dengan nomor saya? ], pilih kontak saya
  • Cara menyembunyikan nomor telepon Telegram ENG

Inilah  cara nomor telepon Anda disembunyikan di Telegram

Sekali lagi, Anda tidak dapat mencegah siapa pun menemukan Anda dengan nomor telepon Anda. Seseorang di kontak Anda masih dapat menemukan Anda. Jika Anda benar-benar ingin tetap anonim, Anda perlu menghapus atau memblokir kontak ini. Anda juga dapat menambahkan pengecualian ke satu atau beberapa kontak individu untuk mencegah mereka menemukan Anda.

Sembunyikan status online dan status terakhir terlihat

Sayangnya, Anda tidak dapat menonaktifkan tanda centang yang menunjukkan apakah Anda telah menerima/menampilkan pesan. Namun, Telegram memungkinkan Anda untuk menyembunyikan kehadiran online atau waktu aktif terakhir Anda dari mata-mata pengguna lain sehingga Anda tidak menghalangi setiap kali Anda terhubung ke aplikasi perpesanan Anda.

Berikut cara menyembunyikan status yang Anda lihat online dan terakhir.

  • Silahkan Buka bagian Pengaturan lalu buka bagian Privasi dan Keamanan
  • Buka terakhir dilihat dan online
  • [Siapa yang bisa melihat terakhir kali aku melihatnya? ], pilih [tidak ada]
  • Privasi Telegram Cara Menyembunyikan Last Seen Online
🔴 TRENDING:  Langkah Verified Instagram, syarat dan manfaatnya

Dengan cara ini tidak ada yang dapat melihat bahwa Anda sedang online atau terakhir kali Anda online. Namun, batasan ini bekerja dua arah. Anda juga tidak dapat memeriksa informasi ini di kontak Anda. Juga, jika Anda hanya memblokir kontak tertentu, Anda tidak akan dapat melihat status online mereka atau tanggal dan waktu terakhir mereka online, tetapi Anda masih dapat melihat informasi tersebut pada kontak yang tidak memiliki batasan. pekerjaan. Bahkan, Telegram memberikan perkiraan tanggal dan waktu koneksi terakhir, sehingga sama sekali tidak terlihat.

Satu-satunya perbedaan adalah jika Anda membatasi akses ke data ini seperti yang dijelaskan di atas, Telegram tidak akan menampilkan waktu yang tepat dari koneksi terakhir. Di bawah ini adalah perbedaan antara kehadiran yang terlihat (di sebelah kiri) dan kehadiran yang halus (di sebelah kanan).

Perbedaan privasi Telegram yang terakhir terlihat

Ada empat kemungkinan perkiraan yang akan ditampilkan Telegram setiap kali Anda menyembunyikan terakhir kali Anda melihatnya.

  • Hal terakhir yang saya lihat baru-baru ini: Mencakup setiap periode antara 1 detik dan 2-3 hari
  • Terakhir kali saya melihatnya minggu ini adalah 2-3-7 hari
  • Terakhir kali saya melihat bulan ini adalah 6-7 hari hingga 1 bulan
  • Hal terakhir yang saya lihat dalam waktu yang lama: lebih dari sebulan (ini selalu terlihat oleh pengguna yang diblokir)

Teruskan pesan untuk mencegah kontak berbagi profil

Interaksi lain yang tidak diinginkan yang dapat menyebabkan masalah privasi adalah kemampuan kontak untuk berbagi profil dengan meneruskan salah satu pesan mereka.

Selain obrolan rahasia atau pribadi, Anda dapat meneruskan pesan dari kontak Anda ke grup dan diskusi lain. Secara default, pesan yang diteruskan akan menyertakan (nama pengguna) Anda dan siapa pun dapat diteruskan ke profil Anda dengan mengkliknya.

Anda dapat mengelola potensi lubang privasi ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka Pengaturan > Privasi & Keamanan
  • Pilih pesan yang diteruskan
  • [Siapa yang dapat menambahkan tautan ke akun saya saat meneruskan pesan? ], pilih [Semua].
🔴 TRENDING:  5 cara untuk meningkatkan privasi Anda di Telegram

Anda juga dapat mengatur pengecualian untuk mengizinkan atau melarang satu atau beberapa kontak tertentu secara sistematis untuk menautkan ke profil Anda saat meneruskan pesan. Secara pribadi, saya ingin melangkah lebih jauh dan memiliki opsi untuk memblokir transmisi pesan.

Sejak rilis Telegram versi 8.0 pada 31 Agustus, pengguna yang meneruskan pesan dapat menyembunyikan nama penulis aslinya sebelum membagikan pesan tersebut kepada orang lain. Jadi, jika Anda mengizinkan kontak yang dipilih untuk berbagi pesan, jangan ragu untuk meminta mereka menyembunyikan namanya.

Jangan membuat nama pengguna

Setelah Anda membuat nama pengguna Telegram publik, Anda dapat menggunakan hyperlink t.me/nama pengguna untuk memungkinkan siapa pun menghubungi Anda di Telegram tanpa mengetahui nomor telepon Anda.

Ini adalah fitur yang harus Anda hindari jika Anda ingin Telegram tetap serahasia mungkin. Pengguna lain dapat menemukan Anda dengan nama pengguna ini. Nama pengguna ini akan muncul dalam pencarian kontak Anda di bawah hasil publik. Harap dicatat bahwa orang yang menemukan Anda dapat mengirimi Anda pesan tanpa mengetahui nomor Anda.

Ini benar-benar berlawanan dengan intuisi, karena Internet berisi gudang besar nama pengguna. Biasanya digunakan secara anonim karena dapat mengetahui siapa yang berada di balik pegangan CaptainAvenger_1993. Tetapi dengan Telegram, yang terjadi adalah kebalikannya. Oleh karena itu, jangan membuat nama pengguna untuk mengurangi sakit kepala tersebut.

Bagaimanapun, jika Anda membuat nama pengguna dan seseorang mendeteksi Anda dan memanggil Anda, orang itu tidak akan dapat melihat nomor telepon Anda (kecuali Anda tidak menyembunyikannya).