Cara memposting penjualan di Facebook untuk pemula

Facebook telah menjadi salah satu situs penjualan yang paling banyak digunakan. Penjualan online menggunakan perangkat digital semakin meningkat seiring dengan meningkatnya penggunaan internet di kalangan masyarakat umum.  Banyak penjual mengeluh bahwa memposting penjualan di Facebook tidak menguntungkan. Masalahnya adalah ketidaktahuan pengguna tentang cara memposting penjualan secara efektif di Facebook.

Cara Jualan di Facebook

Pada dasarnya, gaya penjualan setiap orang berbeda. Beberapa orang memposting penjualan online di Facebook untuk mendapatkan promosi dan diskon, yang lain melakukan penjualan persuasif, dan yang lainnya menjual hadiah gratis. Namun, terlepas dari gaya penjualan Anda, penting untuk terlebih dahulu membuat akun Facebook bisnis untuk memulai bisnis di Facebook. Tanpa akun bisnis, akan sulit untuk menjual produk Anda.

Cara Membuat Akun Bisnis Facebook

Jika Anda ingin membuat akun Facebook bisnis, Anda dapat melakukan hal berikut:

  • Pertama, buka bisnis Anda di Facebook dengan mengklik halaman https://business.Facebook.com/.
  • Kemudian masuk atau masuk ke akun Facebook biasa Anda.
  • Kemudian Anda akan diminta untuk membuat akun Facebook Business. Anda dapat mengklik bagian Buat akun.
  • Anda kemudian dapat mengisi bagian yang muncul, seperti nama perusahaan dan informasi lain seperti email kantor.
  • Kemudian akses tampilan pengaturan Pengelola Bisnis untuk mengelola akun bisnis Anda lebih lanjut. Klik Selesai jika sudah selesai.

Facebook Business memiliki beberapa istilah penting yang harus Anda ketahui:

  • Halaman: Anda dapat menambahkan/membuat halaman fanpage di Pengelola Bisnis.
  • Akun Iklan: Tambahkan/undang orang untuk mengelola dengan akun iklan Anda.
  • Orang: Anda dapat menambahkan orang lain ke admin atau karyawan di akun iklan dan halaman penggemar Anda.

Cara Jualan Online di Facebook untuk Pemula

Setelah Anda mengetahui cara membuat akun bisnis Facebook dan membuat toko Facebook, Anda siap untuk berjualan online melalui Facebook. Namun, sebelum Anda memposting produk, di Facebook untuk pemula mengenai cara memposting produk untuk dijual di Facebook, cara membuat kasus penjualan di Facebook, cara menjual produk di Facebook, dan cara memposting penjualan. Dijual online. di Pasar Facebook. Ini penjelasannya.

 

Cara memposting penjualan di Facebook dengan pembaruan status

Metode paling umum yang digunakan pedagang online di Facebook adalah memperbarui status mereka dan memposting produk mereka. Karena itu, saat memperbarui status, silakan gunakan alat di halaman posting. Masukkan keterangan yang jelas dan informatif, masukkan lokasi toko jika Anda memiliki toko offline, masukkan lokasi pengiriman barang Anda, dan banyak lagi. Anda juga dapat menyertakan foto produk yang Anda jual.

Selain memposting produk melalui pembaruan status, Anda juga dapat memposting produk ke grup Facebook. Tentunya ini adalah salah satu cara berpromosi di Facebook gratis, dan tidak berbayar. Ini karena grup Facebook biasanya dibuat oleh penjual yang setuju untuk membuat forum penjualan yang dapat saling menguntungkan anggotanya.

Untuk dapat bergabung dengan grup Facebook, Anda dapat menemukan jenis grup yang relevan dan relevan dengan bisnis Anda. Misalnya, jika Anda menjalankan perusahaan kuliner di Jabodetabek, Anda dapat menebak grup mana yang akan berguna dan mencari di kolom pencarian dengan nama contoh “Grup Penjual Kuliner Jabodetabek”. Ada banyak grup yang bisa Anda ikuti. Jika grup dalam format “publik”, Anda sebenarnya dapat memposting langsung tanpa bergabung sebagai anggota. Tetapi jika grup itu “pribadi”Anda harus terlebih dahulu meminta administrator untuk menerima aplikasi keanggotaan Anda.

🔴 TRENDING:  Pemula Wajib Tau !! Langkah Membuat Vlog - Panduan dan Tips

 

Cara memposting penjualan di Facebook Marketplace

Salah satu fitur utama Facebook untuk penjual online adalah Facebook Marketplace. Fitur ini dirancang khusus untuk membantu penjual meningkatkan penjual. Memposting penjualan ke Facebook Marketplace sendiri cukup mudah. Anda bahkan dapat melakukan ini di ponsel Anda tanpa harus membuka komputer Anda.

Caranya adalah dengan memilih fitur Marketplace yang berlogo seperti Kios, klik Jual dan pilih jenis yang berbeda dari daftar (Jual Barang, Real Estate, Jasa). Kemudian, Anda dapat dengan cepat memasukkan gambar, judul, harga, kategori, status barang, lokasi, dll di halaman posting. Setelah selesai, Anda dapat mengklik Next untuk memposting unggahan penjualan Anda.

 

Cara posting penjualan di Facebook agar laris manis

Setelah mengetahui cara posting penjualan di facebook untuk pemula, Anda juga perlu mengetahui cara posting dan cara posting penjualan agar tidak kalah bersaing dengan kompetitor di bidang produk yang sama.

Berikut adalah beberapa tip tentang cara memposting produk dan layanan Anda untuk dijual di Facebook dan membuatnya terjual. semuanya?

 

  1. Update status yang konsisten dan menarik

Hal pertama yang harus dipahami ketika Anda ingin menguasai cara memposting penjualan di Facebook adalah dengan terus memperbarui dan memposting status yang menarik. Jika Anda seorang penjual makanan online, Anda bisa mulai membuat template untuk memposting produk dengan desain yang menarik agar audiens Anda tidak bosan dan itu akan lebih menarik daripada kesenangan memasak yang Anda posting.

Selain itu, dalam hal konsistensi, cara Anda memposting penjualan di Facebook juga terkait dengan waktu. Anda dapat membuat “jadwal pemuatan” untuk menjaga disiplin dan konsistensi dalam memposting barang yang akan dijual. Misalnya, dari Timeline, tujuan saya adalah mengunggah konten memasak 2-3 kali per hari di Status dan 5 kali per Facebook Story/Facebook Snap.

Tidak ada cara untuk menghasilkan statistik yang menarik. Untuk membuat status, Anda dapat mencoba struktur berikut:

  • Perkenalan memikat penonton dengan masalah sehari-hari mereka. Contohnya adalah makanan dari bahan-bahan sehat yang saat ini sulit ditemukan.
  • Isi dan berikan tips solusi yang bisa langsung Anda terapkan. Saya tidak bisa menebak. Misalnya, jika Anda membeli makanan sehat dari toko online, maka pemirsa dapat menikmatinya tanpa repot.
  • Menunjukkan tren CTA (Call to Action), suka, komentar, dan berbagi. Kemudian minta audiens Anda untuk mengikuti halaman Anda untuk konten yang lebih bermanfaat.

 

  1. Lihat gambar asli berkualitas tinggi

Salah satu trik terpenting dalam cara memposting penjualan di Facebook adalah dari perspektif tampilan. Jika Anda dapat memamerkan produk Anda dengan baik di Facebook, produk Anda akan terjual dengan baik. Oleh karena itu, Anda membutuhkan gambar produk berkualitas tinggi. Pastikan juga gambar produk yang Anda posting bukan hasil plagiat atau pencurian produk di toko berikutnya.

🔴 TRENDING:  15 Cara Jadi Selebgram Paling Ampuh, Auto Kaya!

 

  1. Tingkatkan interaksi dengan audiens Anda

Selain memposting gambar produk berkualitas tinggi, Anda juga perlu berinteraksi dengan pemirsa Anda. Buat audiens merasa nyaman mengajukan pertanyaan. Layani audiens Anda sebanyak mungkin ketika mereka memutuskan untuk membeli produk Anda. Kemudian, setelah mereka membeli produk Anda, tanyakan seberapa puas mereka dengan produk tersebut dan mintalah testimoni mereka.

 

  1. Bergabunglah dengan grup Facebook dengan topik terkait

Cara memposting penjualan di Facebook di mana Anda dapat mencoba trik adalah bergabung dengan grup Facebook tentang topik terkait. Nanti Anda mungkin mendapatkan audiens yang lebih besar yang mungkin membeli produk Anda. Selain itu, Anda juga bisa mendapatkan wawasan dari vendor online lain yang lebih maju di bidang yang terkait dengan Anda. Bergabung dengan grup Facebook membawa banyak manfaat bagi bisnis online Anda di Facebook.

 

  1. Posting foto atau video pengantar

Dengan pengalaman pembeli sebelumnya, audiens akan lebih yakin bahwa produk yang Anda jual berkualitas tinggi. Oleh karena itu, penting untuk memposting screenshot testimoni foto dari pelanggan dan video testimoni yang dapat menarik pemirsa dan mencoba produk tersebut.

 

  1. Gunakan CTA di Postingan Facebook

Cara memposting penjualan Anda di Facebook yang tidak boleh Anda lewatkan adalah dengan menggunakan teknik CTA atau panggilan pengadilan. Ajakan bertindak ini dapat ditautkan ke situs web resmi toko Anda, tetapi jika Anda tidak memilikinya, Anda dapat menggunakan pasar seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Lazada. Metodenya adalah sebagai berikut.

 

  • Masuk ke halaman Facebook Bisnis
  • Klik tombol + Tambah di bagian bawah gambar profil Anda.
  • Kemudian Anda akan melihat pop-up baru untuk dipilih, seperti “Beli Kartu Hadiah”, “Pesan Makanan”, “Telepon Sekarang”, “Hubungi Kami”.
  • Setelah melakukan seleksi, masukkan data atau alamat CTA.
  • Kemudian klik Simpan.

 

  1. Gunakan bahasa yang benar dan tepat

Anda juga harus mempertimbangkan penggunaan bahasa saat memposting penjualan di Facebook. Anda perlu menggunakan kata-kata yang baik dan benar. Namun, penggunaan bahasa yang benar dan benar tidak kaku, melainkan kontekstual dan penuh perhatian. Jangan menggunakan kata-kata yang berlebihan dan tidak realistis. Tetapi gunakan bahasa yang familiar, tunjukkan manfaat produk, dan gunakan teks persuasif yang menjelaskan mengapa audiens Anda perlu segera membeli produk Anda.

 

  1. Tidak hanya menjual dengan buruk, tetapi juga terkadang membuat selebaran yang berguna

Ada banyak strategi pemasaran digital nyata yang dapat Anda terapkan dalam hal cara memposting penjualan Anda di Facebook. Pertama, ada strategi penjualan yang sulit. Dengan kata lain, misalnya, vendor HP menjual di Internet secara terbuka. Kedua, strategi penjualan perangkat lunak adalah memberikan pesan yang menarik dan meyakinkan tentang produk yang dijual. Misalnya, metode soft selling Facebook dapat dicapai dengan meningkatkan kesadaran makan makanan sehat di masa pandemi, dan terakhir menyediakan makanan sehat.

 

  1. Tambahkan teman target secara teratur

Menambahkan teman yang ditargetkan secara rutin. Hal ini dikarenakan banyaknya teman Facebook merupakan audiens yang potensial untuk membeli produk Anda.

 

  1. Lakukan analisis konten secara teratur
🔴 TRENDING:  Berikut 5 cara mudah membuat thumbnail Youtube untuk pemula

Jangan lupa untuk menganalisis konten penjualan Anda secara teratur. Analisis isi dapat dilakukan dari segi caption, gambar/gambar dan desain produk yang akan dijual.

 

 

Manfaat berjualan di Facebook

Selain cara memposting penjualan di Facebook, penting untuk mengetahui apa yang penting untuk menekankan manfaat berjualan di Facebook.

 

  1. Jumlah teman tidak terbatas

Keuntungan pertama memposting penjualan di Facebook adalah tidak ada batasan jumlah teman. Jika Anda menjual menggunakan akun Facebook biasa, Anda dapat berteman dengan hingga 5.000 akun.

 

  1. Berbagi informasi produk dengan mudah dan praktis

Keuntungan berjualan di Facebook selanjutnya adalah Anda dapat dengan mudah memberikan informasi produk yang praktis. Ini karena alat di platform Facebook sangat interaktif dan mudah digunakan.

 

  1. Anda dapat beriklan sesuai dengan target pembeli Anda

Kalau kamu punya modal lebih untuk bisnis kamu, kamu juga bisa beriklan di Facebook, lho! Ada banyak manfaat menjalankan iklan di Facebook. Salah satunya adalah kemampuan untuk menetapkan target pembeli. Hal ini membawa banyak keuntungan bagi bisnis online yang Anda jalankan.

 

  1. Kualitas gambar yang dipublikasikan tidak berubah

Keuntungan lain dari memposting penjualan di Facebook adalah kualitas yang penting. Saat mengunggah foto, Anda akan melihat salah satu atribut Facebook. Kualitas foto yang diunggah tidak terganggu, sehingga terlihat jelas hingga mencapai ponsel pemirsa.

 

  1. Ini memiliki fungsi ulasan produk

Halaman Facebook bisnis memiliki tombol ulasan dan peringkat yang menilai kepuasan dari “buruk” hingga “hebat”.

 

  1. Dapat digunakan untuk mendownload video berdurasi panjang

Facebook juga memungkinkan Anda untuk mengunggah video panjang yang sangat menguntungkan, sehingga Anda tidak perlu khawatir memotong video untuk menjual konten.

 

  1. Pemantauan dan analisis penjualan yang mudah digunakan

Panel admin halaman Facebook berisi wawasan untuk memantau kemajuan bisnis Anda. Dapatkan informasi penting yang dapat Anda gunakan untuk memantau dan menganalisis penjualan Anda.

 

Kekurangan berjualan di Facebook

Selain kelebihan, memposting penjualan di Facebook juga memiliki beberapa kekurangan. Apa kerugiannya?

 

  1. Pemirsa iklan terbatas hanya di platform milik Facebook

Masih ada beberapa kerugian untuk memposting penjualan di Facebook. Pertama, jika Anda memasang iklan di Facebook, audiens iklan Anda hanya akan muncul di platform Facebook dan tidak diterapkan ke pencarian Google.

 

  1. Postingan tenggelam dengan cepat

Kerugian berikutnya dari posting penjualan di Facebook adalah posting cepat kebanjiran. Ini karena terlalu banyak postingan yang dibuat pada waktu tertentu, yang cenderung memenuhi beranda pemirsa, bukan hanya postingan.

 

  1. Tidak ada fungsi pencarian konten

Kelemahan berikutnya untuk berjualan di Facebook adalah kurangnya kemampuan pencarian konten seperti co-market dan hub toko online. Pemirsa akan kesulitan menemukan produk yang tidak memiliki fitur ini.