Beginilah cara kerja Bisnis Instagram untuk bisnis

Apa itu Instagram Bisnis?

Instagram for business adalah saya yang dibuat khusus untuk tujuan bisnis. Fitur yang Anda lihat berbeda dengan akun Instagram pribadi Anda. Dengan Instagram Business, mudah untuk menjangkau dan mempromosikan pelanggan Anda. Jadi, bagi pemilik bisnis atau baru memulai bisnis, Anda perlu memiliki akun Instagram bisnis pribadi agar pemasaran bisnis Anda lebih sempurna. Instagram Business memiliki kemampuan untuk memproses data pelanggan dengan mudah, seperti konten dan wawasan aktivitas. Selain itu, ada “tombol” yang bisa diarahkan khusus ke email atau nomor kontak bisnis Anda. Selanjutnya, pertanyaannya adalah bagaimana cara membuat akun Instagram Business.

Berikut cara membuat akun Instagram bisnis

Secara umum, membuat Instagram Business tidaklah sulit. Anda dapat membuat akun Instagram Business hanya dalam beberapa langkah. Pastikan terlebih dahulu Anda memiliki akun Instagram pribadi. Jika Anda sudah memiliki akun Instagram pribadi, lihat di bawah untuk mempelajari cara membuat akun Instagram Business.

  1. Cara membuat bisnis Instagram dengan akun yang ada

Cara pertama untuk membuat akun Instagram bisnis adalah dengan login ke akun Instagram Anda sebelumnya. Masukkan nama pengguna dan kata sandi Anda untuk masuk ke akun Anda seperti biasa. Setelah masuk ke Instagram, klik pada bagian Profil.

 

  1. Buka halaman pengaturan

Kemudian klik Pengaturan atau halaman Pengaturan. Menu ini terletak di pojok kanan atas halaman profil Anda. Kemudian setelah masuk ke halaman pengaturan, klik opsi Akun. Lalu klik opsi Switch to Professional Account di bagian bawah.

 

  1. Pilih kategori bisnis

Langkah selanjutnya adalah memilih jenis profil yang akan digunakan. Ada dua opsi: Pencipta dan Bisnis. Creator Choice menargetkan influencer, artis, blogger, dan individu lain yang membuat konten di Instagram. Bisnis menargetkan perusahaan, merek, atau merek tertentu. Selanjutnya, pilih opsi bisnis karena tujuan membuat akun Instagram bisnis adalah untuk memasarkan produk.

 

Kemudian pilih kategori bisnis yang Anda jalankan. Ada banyak pilihan yang tersedia untuk kategori bisnis, seperti bisnis lokal, blog pribadi, produk/layanan, seni, musisi/band, dan banyak lagi. Selain itu, Anda dapat memasukkan kata kunci yang sesuai dengan kategori bisnis langsung di kolom pencarian. Jika sudah menentukan pilihan, klik Next.

 

  1. Masukkan kontak dan kategori pekerjaan

Langkah selanjutnya adalah masuk ke halaman review kontak. Pada halaman ini Anda harus memasukkan data yang tidak lengkap seperti nomor telepon, alamat email dan kantor. Hal ini diperlukan untuk memudahkan calon pelanggan menghubungi bisnis Anda untuk memproses transaksi.

 

  1. Hubungkan akun Anda ke halaman Facebook Anda (opsional)

Pada langkah selanjutnya, Anda akan diminta untuk menautkan profil Instagram Business Anda ke halaman Facebook lama Anda. Tujuan langkah ini yaitu untuk mengotomatisasi posting di halaman Facebook Anda setiap kali Anda memperbarui konten akun Instagram perusahaan Anda. Namun, tahap ini opsional. Jika Anda tidak memiliki halaman Facebook, Anda dapat mengklik opsi Jangan Terhubung ke Facebook. Memilih opsi ini tidak secara otomatis menautkan kedua platform media sosial ini.

 

  1. Lengkapi seluruh bagian profil

Masukkan data sesuai dengan bisnis yang Anda jalankan. Mulai dari nama, username, alamat website (jika ada), background, dan tentunya jangan lupa untuk menambahkan profile picture agar karya Anda lebih kredibel. Usahakan untuk mengisi halaman profil ini selengkap mungkin agar calon klien bisa mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang bisnis Anda. Tidak ada kesalahan ketik.

🔴 TRENDING:  Cara menghapus data dari perangkat yang hilang atau dicuri

 

Fitur Bisnis Instagram

Akun Instagram bisnis memiliki fitur yang berbeda dengan akun Instagram pribadi. Fitur akun Instagram Business berorientasi pada bisnis, sehingga lebih mudah menjangkau pelanggan, meningkatkan brand awareness, dan melakukan transaksi. Untuk dapat mengoptimalkan akun Instagram Business Anda, Anda harus terlebih dahulu memahami fitur-fiturnya. Berikut beberapa fitur Instagram untuk bisnis yang harus Anda ketahui.

 

  1. Informasi industri terperinci

Fitur pertama Instagram Business, yang berbeda dengan akun Instagram pribadi Anda, adalah informasi detail tentang kategori bisnis. Anda dapat menggunakan informasi rinci dalam kategori bisnis ini untuk menampilkan jenis bisnis yang Anda jalankan dan memberitahukannya kepada pengunjung Anda.

Ada banyak pilihan kategori bisnis untuk dipilih, termasuk musik, tur, perjalanan, kecantikan, agensi, desain, ritel, mode, dan keuangan. Anda dapat memilih kategori bisnis ini dan melakukan penyesuaian saat mendaftar atau mendaftar ke akun Instagram Business Anda.

 

  1. Tombol panggilan dan email

Fitur akun Instagram bisnis berbeda dengan akun Instagram pribadi. Hak istimewa ini tersedia saat menggunakan akun Instagram Business Anda. Memiliki dua tombol ini memberi pelanggan akses mudah ke bisnis Anda. Fitur tombol panggilan dan email memungkinkan pelanggan untuk langsung masuk ke layar panggilan telepon seluler, sehingga mudah untuk menelepon perusahaan dan kemudian mengirim email. Anda juga memiliki opsi untuk membuka peta yang menunjukkan lokasi bisnis Anda.

 

  1. Wawasan Instagram

Keunggulan lain Instagram Business dibandingkan akun Instagram pribadi biasa adalah fitur Insights. Fitur ini merupakan alat analisis data yang menampilkan semua aktivitas di halaman akun Anda. Fitur ini memungkinkan Anda untuk melihat kinerja Anda dengan jelas. Dari demografi pengunjung profil, dan interaksi yang dihasilkan dengan konten, hingga waktu pilihan akun Anda. Data yang diberikan melalui Instagram Business Insights benar-benar berbeda dengan akun Instagram pribadi Anda. Biasanya, akun Instagram pribadi Anda hanya menampilkan jumlah pengikut, suka, dan komentar di akun Anda. Berikut adalah beberapa jenis ide yang perlu Anda pahami untuk membantu Anda memaksimalkan fitur Instagram Insight ini.

 

  • Content Insight

Fitur ini adalah salah satu bagian terpenting dari Instagram Insight. Fitur Instagram Business Content Insights menampilkan aktivitas dan partisipasi pengguna dalam sebuah postingan, baik di feed maupun di story Instagram. Gunakan fitur ini untuk melihat postingan dan cerita Instagram yang diurutkan berdasarkan jangkauan, tayangan, bagikan, suka, ikuti, komentar, simpan, dan akses ke profil Anda. Informasi ini sangat berguna dalam mengukur konten mana yang berjalan dengan baik. Supaya kamu bisa mengetahui alasannya dan mengulanginya di postingan selanjutnya.

 

  •  Activity Insights

Selain itu, ada data tentang “Statistik Aktivitas”. Fitur ini mencakup data interaksi dan deteksi. Bagian interaksi ini mengindikasikan hal yang dilakukan selama seminggu. catatan akses profil, klik tautan dll.

🔴 TRENDING:  Apakah Google Play Store tidak berfungsi? ini solusinya

Selain itu, bagian ini juga dapat menampilkan data tentang kontak, email, dan klik tombol peta. Kemudian, di bagian Discover yang merupakan bagian dari fitur ini, Anda dapat melihat berapa banyak akun yang telah mengakses profil Instagram Business Anda dan berapa kali dilihat (berapa kali postingan dilihat, termasuk penayangan berulang dari akun yang sama) . .. Saya menerimanya minggu lalu.

 

  • Audience Insights

Terakhir, ada fitur Audience Insight. Fitur ini menampilkan data demografi tentang pengikut akun Instagram perusahaan Anda. Di halaman ini akan terlihat distribusi menurut  usia, jenis kelamin, dan tempat pengguna berinteraksi dengan profil Instagram Business mereka.

Fitur ini juga memungkinkan Anda untuk melihat tanggal dan waktu rata-rata saat profil menerima interaksi paling banyak. Data ini sangat berguna untuk bisnis Anda sehingga Anda tahu kapan harus mengunggah konten terbaru.

 

  1. Iklan Instagram

Fitur khusus Instagram Business berikutnya yang penting untuk bisnis Anda adalah iklan Instagram. Fitur ini adalah alat yang tepat untuk menjangkau lebih banyak pelanggan potensial. Dengan fitur Instagram Advertising, Anda dapat menargetkan iklan Anda ke audiens yang lebih spesifik berdasarkan usia, demografi, minat, perilaku, dan lainnya. Dengan fitur ini, iklan Anda akan muncul di timeline Instagram audiens target Anda. Anda juga bisa mempromosikannya ke penonton di Instagram story Anda.

 

Cara Membuat Bisnis Instagram yang Persuasif

Instagram Business adalah salah satu cara menghasilkan uang dari Instagram. Namun, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk membuat karya Instagram Anda terlihat menarik. Berikut ulasan tentang cara membuat akun Instagram bisnis:

 

  1. Tentukan target audiens yang tepat

Cara pertama agar profil akun Instagram Business Anda lebih menarik dan pengunjung adalah dengan memilih target audiens yang tepat. Sebelum membuat akun Instagram Business, lakukan survei audiens sebagai langkah awal. Dengan audiens yang tepat, Anda dapat mencapai kinerja bisnis yang lebih baik.

 

  1. Optimalkan resume dan profil bisnis Instagram Anda

Bio Instagram Business hanya bisa memasukkan maksimal 150 karakter. Karena itu, Anda harus menggunakannya dengan benar untuk memberi Anda kesan pertama yang baik

Calon pelanggan Anda masuk melalui profil bisnis Instagram Anda. Contoh live yang menarik di Instagram Business adalah menulis deskripsi produk, manfaat atau nilai atau memberikan informasi tentang promosi yang dilakukan.

 

  1. Buat jadwal tetap untuk publikasi

Cara membuat akun Instagram Business yang menarik adalah dengan konsisten menyajikan konten Anda. Sebaiknya buat jadwal yang konsisten untuk menerbitkan konten. Misalnya, Anda mengunggah konten ke umpan Anda tiga kali seminggu dan kemudian mengunggah setidaknya satu posting ke cerita Anda per hari. Dapatkan waktu untuk memposting dari Instagram Insights. Setelah Anda membuat jadwal posting konten, unggah terus-menerus sesuai dengan jadwal Anda sehingga pengikut Anda selalu terhubung dengan produk dan produk muncul di benak.

 

  1. Buat konten yang menarik dan interaktif

Instagram merupakan media sosial yang berfokus pada visual. Oleh karena itu, Anda harus mampu menyediakan konten yang menarik secara visual. Selain itu, buat konten interaktif sehingga konten Instagram yang Anda posting akan terlibat dengannya. Misalnya, ide konten Instagram Business yang dapat Anda coba menanyakan kepada pemirsa tentang opsi produk mereka. Selain itu, Anda dapat membuat konten yang relevan dengan kehidupan sehari-hari pemirsa Anda sehingga pemirsa merasa akrab dengan karya Anda. Berikut beberapa ide konten bisnis Instagram yang bisa Anda coba.

🔴 TRENDING:  Bagaimana cara kerja panel privasi di Android 12 

 

  • Repost foto dan video penyaji

Untuk berinteraksi dengan pemirsa, Anda dapat mencoba membuat konten dengan memposting ulang foto dan video yang diunggah oleh pemirsa. Jenis konten ini disebut Konten Buatan Pengguna, atau UGC. Melalui konten ini, Anda dapat membangun interaksi positif dengan pengikut dan pelanggan Instagram Anda.

 

  • Sesekali buat IGTV atau konten langsung

Ide konten bisnis Instagram selanjutnya yang bisa kamu coba adalah membuat IGTV atau konten live. Dengan dua fitur tersebut, Anda dapat bertanya dan menjawab pertanyaan langsung dengan audiens Anda tentang produk atau layanan yang Anda tawarkan. Agar lebih menarik, Anda bisa mengundang pembicara dan bintang tamu yang relevan.

 

  • Buat promosi dan hadiah spesial

Metode ini sangat efektif untuk menambah follower. Anda dapat membuat promosi dan hadiah khusus dengan hadiah untuk produk dan layanan komersial Anda. Selain dapat menambah followers, konten giveaway juga dapat meningkatkan engagement yang terjadi pada akun Instagram Business Anda.

 

  •  Manfaatkan fitur panduan Instagram

Fitur ini baru di Instagram, Panduan Instagram. Fitur ini digunakan untuk menggabungkan konten yang diterbitkan sebelumnya. Misalnya, bisnis Anda menjual kue kering. Direktori Instagram memungkinkan Anda untuk menggabungkan posting tentang kue-kue serupa menjadi satu unggahan. Ini memudahkan pelanggan ketika mereka ingin tahu lebih banyak tentang bisnis Anda.

 

  1. Aktif dan interaktif dengan Instagram Stories

Agar Instagram Anda bekerja lebih menarik, cobalah untuk aktif di Instagram Stories. Anda dapat membuat konten interaktif di Instagram Story Anda untuk meningkatkan interaksi yang terjadi di profil Instagram perusahaan Anda. Misalnya, Anda dapat membuat konten seputar pertanyaan dan jawaban, atau konten lain yang mendorong partisipasi pemirsa.

 

  1. Manfaatkan iklan Instagram

Anda dapat memanfaatkan fitur iklan Instagram untuk menjangkau audiens yang lebih besar. Fitur ini bisa menjadi alternatif untuk membantu memasarkan produk Anda ke audiens yang lebih spesifik. Fitur periklanan Instagram memungkinkan Anda untuk menargetkan audiens Anda berdasarkan demografi, minat, usia, jenis kelamin, dan perilaku.

 

  1. Lakukan analisis konten secara teratur

Cara terakhir untuk meningkatkan bisnis Instagram Anda adalah dengan melakukan analisis konten secara rutin. Anda dapat menggunakan fitur Instagram Insight di Instagram Business untuk melakukan analisis ini. Jika Anda membutuhkan data yang lebih spesifik dan lengkap, Anda juga dapat menggunakan alat analisis media sosial lainnya seperti Hootsuite Analytics, Iconosquare, Sprout Social, Bitly dan Keyhole. Anda dapat menggunakan hasil analisis ini untuk membuat konten audiens yang lebih menarik dan tepat sasaran.