Cara menghapus data dari perangkat yang hilang atau dicuri

Hanya ada satu hal yang lebih buruk daripada kehilangan smartphone Android Anda. Ini tentang kehilangan ponsel cerdas Anda jika Anda memiliki banyak barang pribadi. Jika orang lain menganggap ide mendapatkan akses ke aplikasi, email, atau rencana rahasia Anda untuk mengambil alih dunia tidak masuk akal, kami punya solusinya.

Jika Anda memastikan untuk mengikuti semua langkah ini, Anda dapat yakin jika ponsel Anda hilang. Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda ambil untuk melindungi data Anda dari jarak jauh:

 

Lakukan ini saat Anda masih memiliki ponsel

Jika Anda menginginkan kemampuan untuk menghapus ponsel cerdas Anda dari jarak jauh, Anda harus menginstal aplikasi Temukan Perangkat Saya dan memeriksa pengaturan Anda. Ini harus diaktifkan secara default, tetapi pastikan hal berikut:

  • Pertama, buka Google Play Store dan unduh Find My Device.
  • Pastikan pencarian perangkat diaktifkan.
  • Mengizinkan aplikasi mengakses lokasi perangkat.

Jika Anda menggunakan perangkat yang lebih lama, Anda mungkin perlu melakukan langkah-langkah berikut pada versi lama Temukan Perangkat Saya (Pengelola Perangkat Android).

  • Cari Allow Remote Lock and Wipe dan pastikan sudah diaktifkan.
  • Aktifkan sakelar kedua di Pengelola Perangkat: Temukan perangkat ini dari jarak jauh.
  • Periksa kembali apakah kedua pengaturan diaktifkan.

Temukan Perangkat Saya juga berfungsi di tablet, tetapi jika Anda memiliki beberapa akun pengguna, hanya pengguna yang ditunjuk sebagai pemilik tablet yang dapat mengonfigurasi fitur ini.

Kami merekomendasikan untuk mengambil beberapa tindakan pencegahan lainnya. Jangan simpan item sensitif pada kartu microSD (tidak dapat dihapus dengan penghapusan jarak jauh). Pastikan Anda memiliki kode atau pola kunci yang benar dan pertimbangkan untuk berinvestasi dalam aplikasi semacam itu. Seperti AirDroid atau Lookout. Kedua aplikasi menyediakan fungsi penghapusan jarak jauh, tetapi Anda juga dapat mentransfer data penting sebelum mencabutnya.

🔴 TRENDING:  Apakah Google Play Store tidak berfungsi? ini solusinya

 

Bagaimana menemukan ponsel Android Anda

Catatan: Semua opsi di bawah ini mengharuskan Anda untuk menginstal aplikasi seperti Temukan Perangkat Saya terlebih dahulu, selain memungkinkan pencuri untuk tetap menghidupkan ponsel cerdas Anda dan terhubung ke jaringan data. di sana. Kebanyakan pencuri dapat dengan mudah menghindari kerentanan ini dengan segera mematikan telepon, mengeluarkan kartu SIM, atau lebih buruk lagi, melakukan hard reset..

Saat Anda masuk, Temukan Perangkat Saya akan mencoba menemukan perangkat yang hilang. Jika dihidupkan dan Anda dapat menerima sinyal, lokasinya akan ditampilkan di peta. Anda juga akan melihat tiga opsi: Dering, Kunci, dan Hapus Jarak Jauh. Jika perangkat mati atau tidak dapat menerima sinyal, hidupkan dan sambungkan ke Wi-Fi atau jaringan seluler, dan pencarian perangkat akan mengumumkan lokasinya.

Pada titik ini, Anda dapat menghapus semua data dari ponsel Anda, tetapi sangat disarankan untuk mencoba opsi yang tidak terlalu serius sebelum masuk ke kernel dan menghapus semuanya. Coba dalam urutan berikut.

 

Sebelum melakukan sesuatu, pastikan Anda tidak kehilangannya begitu saja

Ponsel yang hilang seringkali salah tempat daripada hilang atau dicuri secara permanen. Anda dapat menggunakan Temukan Perangkat Saya untuk membunyikan telepon dengan keras selama 5 menit. Ini memungkinkan Anda untuk menemukan ponsel cerdas Anda jika jatuh di lantai mobil Anda atau jika salah satu anak Anda menyembunyikannya di sandal. Hal ini terjadi.

Ubah layar kunci

Ada opsi non-nuklir lain yang tersedia. Ubah layar kunci agar pesan ditampilkan saat Anda menghidupkan telepon lagi. “Pemulihan ponsel cerdas” bisa menjadi kontraproduktif, tetapi pesan “tolong hubungi saya” mungkin berhasil, mungkin didukung oleh hadiah yang sederhana.

🔴 TRENDING:  Ponsel tidak mau charge dengan benar, Perhatikan ini ! 

Jika semuanya gagal, hapus data

Ada opsi untuk menghapus data, tetapi perlu diketahui bahwa data di kartu SD tidak dapat dihapus. Jika Anda menemukan bahwa data Anda tidak dicuri atau hilang selamanya, Anda mungkin memerlukan kata sandi Google Anda untuk menggunakannya. Setelah memindai, lagi. Selain itu, setelah proses ini, Anda tidak akan dapat menggunakan aplikasi Temukan Perangkat Saya.

Jika Anda memilih opsi hapus, ponsel atau tablet Anda akan dihapus dari jarak jauh di beberapa perangkat. Ini sama dengan melakukan reset pabrik penuh, jadi semua pengaturan, musik, foto, dan aplikasi akan dihapus (tentu saja, kartu SD tidak akan dihapus). Seperti halnya kunci, jika ponsel Anda yang hilang dimatikan, pilih opsi ini untuk menghapusnya dari jarak jauh saat Anda online lagi.

Jika Anda cukup khawatir untuk memilih opsi ini, Anda harus membuka akun Google Anda untuk mencabut akses ke ponsel cerdas Anda yang hilang. Bahkan setelah reset pabrik, peretas yang bermotivasi tinggi mungkin masih memiliki akses ke data Anda, jadi tindakan pencegahan khusus harus dilakukan. Kami juga merekomendasikan untuk mengubah kata sandi untuk layanan online. Kemungkinan kehilangan telepon

Jauh dari orang jahat untuk masuk ke semua yang Anda lakukan, tetapi tidak butuh waktu lama untuk sepenuhnya menghilangkan kemungkinan itu.

 

Bagaimana jika saya tidak dapat terhubung ke Temukan Perangkat Saya?

Jika Anda tidak dapat terhubung ke Temukan Perangkat Saya, Anda dapat mencoba dua metode lainnya. Google Maps melacak riwayat lokasi ponsel cerdas Anda. Paling tidak, lacak jika Anda belum mematikannya di akun Google Anda. Jadi, Anda dapat mengetahui di mana ponsel cerdas Anda yang hilang dengan mengunjungi halaman Riwayat Lokasi dan memeriksa stempel waktu. Anda tidak selalu tahu di mana ponsel cerdas Anda sekarang, tetapi Anda tahu.

🔴 TRENDING:  WhatsApp - Cara Membuat Stiker di iOS dan Android

Pilihan lainnya adalah menggunakan aplikasi seperti Android Lost. Ini berfungsi dengan baik pada perangkat Android yang lebih lama. Ini adalah salah satu dari sedikit solusi yang dapat diinstal dari jarak jauh, jadi ini adalah opsi yang baik jika Anda belum mengaktifkan opsi Temukan Perangkat yang ditentukan di atas. Aplikasi dan situs web terlihat buruk, tetapi berfungsi dengan baik, tetapi perangkat harus terhubung ke Internet melalui seluler atau Wi-Fi agar berfungsi.