Cara mengambil tangkapan layar saat menggulir di Android

Apakah Anda mencari cara untuk mengambil tangkapan layar saat menggulir di ponsel pintar Android Anda? Ternyata Anda berada di tempat yang tepat! Dalam artikel terperinci ini, kami telah mencantumkan beberapa cara Anda dapat mengambil tangkapan layar yang dapat digulir atau tangkapan layar panjang di ponsel pintar Android Anda dalam beberapa langkah sederhana.

 

Intro

Saya pikir Anda sering menggunakan fungsi tangkapan layar ponsel cerdas Anda. Fitur ini sudah sangat lama digunakan di perangkat Android dan iOS, namun hal yang sama tidak berlaku untuk fitur gesek tangkapan layar. Faktanya, pada Mei 2021, Google belum mengaktifkan pengguliran tangkapan layar secara asli di Stock Android.

Ini juga berarti bahwa ponsel cerdas seperti Motorola seperti Google, Sony, dan Nokia (semuanya menjalankan Android) tidak secara asli mendukung tangkapan layar bergulir. Untuk membuat masalah semakin membuat frustrasi, sebagian besar vendor ponsel cerdas telah menyalin fitur ini ke dalam sistem operasi khusus mereka selama bertahun-tahun. Jadi ini tidak berarti bahwa smartphone Android tidak dapat mengambil tangkapan layar saat menggulir.

Artikel ini pertama kali menjelaskan cara mengambil screenshot animasi di smartphone Stock Android. Perbaikan ini memungkinkan Anda untuk mengambil tangkapan layar yang dapat digulir di Motorola, Nokia, dan bahkan perangkat Sony. Di bagian kedua, kita akan melihat cara melakukan tugas yang sama dengan beberapa varian Android paling populer.

 

Cara mengambil tangkapan layar saat menggulir berbagai versi Android

Tidak ada cara asli untuk mengambil tangkapan layar yang dapat digulir di Android (Android 11 dan lebih tinggi), jadi Anda harus mengandalkan aplikasi pihak ketiga untuk ini.

Mencari tangkapan layar di Google Play Store akan memunculkan banyak aplikasi, tetapi salah satu yang tampaknya disukai semua orang adalah Long Shot. Ini mendukung pengguliran otomatis, yang membuat tugas lebih mudah. Berikut cara menggunakan Longshot untuk mengambil tangkapan layar yang dapat digulir di smartphone Stock Android:

  1. Unduh Longshot dari Google Play Store.
  2. Instal aplikasi dan berikan semua izin yang diperlukan.
  3. Pastikan Anda mengeklik kotak centang di sebelah “Gulir otomatis” di pengaturan bidikan panjang.
  4. Aplikasi akan meminta Anda untuk memberikan izin tambahan. Berikan semua keistimewaan.
  5. Buka aplikasi dan cari ikon kamera biru di sebelah “Screenshot”.
  6. Prompt lain akan ditampilkan. Klik mulai sekarang untuk membuka aplikasi tempat Anda perlu mengambil tangkapan layar yang panjang.
  7. Ketika aplikasi atau halaman web ditampilkan, klik tombol “Start”. Aplikasi akan secara otomatis mulai mengambil tangkapan layar yang dapat digulir.
  8. Saat Anda sampai di bawah, Anda akan diminta untuk menyimpan atau mengedit gambar sebelum menyimpan.
🔴 TRENDING:  Cara menghapus data dari perangkat yang hilang atau dicuri

Cara mengambil tangkapan layar di Android 12

Untuk Android 12, yang akan keluar pada September 2021, Google akhirnya menambahkan opsi asli untuk mengambil tangkapan layar yang dapat digulir. Fitur ini dirilis dalam versi beta ketiga dari sistem operasi dan berperilaku sedikit berbeda dari biasanya. Dapat berubah hingga versi stabil.

Yang cukup menarik, Google hanya dapat menangkap tangkapan layar yang diperluas di aplikasi, bukan dari situs web seperti NextPit yang terbuka di browser Chrome. Jadi, meskipun Anda dapat membagikan tangkapan layar dari utas Twitter, Anda tidak dapat melakukan hal yang sama dengan cerita di halaman web. Gunakan perangkat yang didukung dalam versi beta dan ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Temukan halaman aplikasi yang ingin Anda tangkap.
  2. Kemudian tekan tombol power secara bersamaan dan volume bawah.
  3. Di sudut kiri bawah layar, Anda akan melihat pratinjau tangkapan layar, berbagi, mengedit, dan mengambil lebih banyak tombol. Klik Tangkap Lebih Banyak.
  4. Anda dapat memperluas bagian atas dan bawah layar yang Anda potret, dan menampilkan kaca pembesar untuk memudahkan melihat konten Anda dan membuat potongan yang lebih presisi.
  5. Bila Anda puas dengan hasilnya, cukup klik tombol Simpan. Anda juga dapat membagikan tangkapan dari halaman terakhir, atau menambahkan dan mengedit teks dan keterangan.

Cara mengambil tangkapan layar saat menggulir di ponsel Samsung

Ini mungkin tampak mengejutkan, tetapi Samsung saat ini hanya menawarkan opsi untuk mengambil tangkapan layar panjang secara manual. Saya melewatkan fitur gulir otomatis yang sangat berguna.

Berikut langkah-langkah untuk mengambil screenshot di smartphone Samsung Anda:

  1. Tekan dan tahan tombol “Volume bawah” dan “Power” secara bersamaan.
  2. Setelah Anda mengambil tangkapan layar, klik opsi Scroll Capture di sudut kiri bawah.
  3. Anda perlu mengulangi prosedur ini sampai Anda mencapai bagian bawah halaman.
🔴 TRENDING:  Ponsel tidak mau charge dengan benar, Perhatikan ini ! 

 

Cara mengambil tangkapan layar saat menggulir di ponsel Xiaomi

  1. Tekan dan tahan tombol “Volume bawah” dan “Power” secara bersamaan.
  2. Klik Opsi Pengguliran di bagian kanan atas tepat di bawah kotak pratinjau.
  3. Tangkapan layar akan diambil secara otomatis. Klik Berhenti jika perlu.

 

Cara Mengambil Screenshot Saat Menggulir di Ponsel Oppo (juga berlaku untuk smartphone Realme)

  1. Tekan dan tahan tombol Volume Turun dan Daya.
  2. Saat Anda melihat pratinjau tangkapan layar, klik tombol panah tepat di bawahnya.
  3. Klik Berhenti jika perlu.

 

Tangkapan layar untuk ponsel LG

Harap dicatat bahwa smartphone LG belum mendukung fitur autoscroll yang sangat berguna. Namun, yang dapat Anda lakukan adalah mengambil tangkapan layar yang panjang dengan fitur pengambilan yang ditingkatkan. Inilah yang harus Anda lakukan:

  1. Membuka halaman web yang ditentukan.
  2. Seret bilah notifikasi ke bawah untuk menemukan dan memilih Tangkap +.
  3. Kembali ke halaman web dan pilih Opsi lanjutan di sudut kanan bawah.
  4. Layar digulir ketika proses dimulai. Setelah Anda menangkap semua yang Anda butuhkan, Anda dapat menghentikannya dengan satu klik.
  5. Untuk menyimpan screenshot, klik tanda centang di pojok kiri atas dan pilih lokasi untuk menyimpannya.

 

Cara mengambil tangkapan layar saat menggulir di ponsel Huawei

  1. Temukan layar yang ingin Anda ambil screenshot animasinya
  2. Tekan dan tahan tombol daya dan tombol volume bawah secara bersamaan
  3. Setelah beberapa detik, animasi akan muncul untuk memberi tahu Anda bahwa foto berhasil diambil.
  4. Tekan opsi Scrollshot sebelum animasi menghilang
  5. Hampir segera, telepon akan mulai menggulir ke bawah layar dan itu akan ditambahkan ke tangkapan layar asli. Ketuk layar dan terus gulir hingga berhenti.
  6. Snapshot bergulir akan ditampilkan di layar untuk Anda lihat. Dari sini Anda dapat berbagi, mengedit, atau menghapus foto.
🔴 TRENDING:  Cara membuka kunci ponsel Anda tanpa PIN

DAFTAR ISI