Bagaimana cara kerja panel privasi di Android 12 

Ketika saya menulis kesan pertama saya tentang Android 12 yang masih dalam versi beta 3, saya mencoba untuk menekankan privasi sebagai salah satu fitur paling relevan dari sistem operasi seluler Google versi terbaru. Selain itu, transparansi tampaknya menjadi fitur terbaru di Android 12, jadi kami akan mengeksplorasi cara memanfaatkan fitur dasbor privasi dalam artikel ini beserta kerumitannya.

 

Dasbor Privasi Android 12

Dasbor Privasi adalah opsi baru yang ada di Android 12. Dasbor Privasi memudahkan untuk melihat aplikasi mana yang baru saja menerima izin berbeda seperti Kamera, Lokasi, dan Mikrofon. Dengan cara ini, jauh lebih mudah untuk mengetahui seberapa sering aplikasi Anda menggunakan komponen tersebut. Dari layar ini, Anda juga dapat mencabut izin dan membuat segalanya lebih lancar dan mudah.

Untuk melakukan ini, cukup akses pengaturan sistem Android 12.

  1. Buka Pengaturan Sistem.
  2. Pergi ke opsi privasi.
  3. Buka panel Privasi.

Dari panel privasi, Anda dapat melihat sisi mana dari ponsel cerdas Anda yang telah diakses aplikasi dalam 24 jam terakhir. Ya, sistem menyediakan garis waktu untuk setiap izin yang diberikan. Dari layar ini, Anda juga akan melihat pintasan ke pengaturan izin untuk setiap layanan, dari file dan media hingga sensor tubuh.

Dengan cara ini, mudah dan cepat untuk menentukan aplikasi mana yang menempati sumber daya ponsel cerdas Anda, dan jika Anda mendeteksi penyalahgunaan yang tidak diinginkan, Anda dapat mencabut izin yang diberikan sebelumnya. Selain itu, Anda dapat dengan cepat menonaktifkan beberapa fitur sistem dari panel Quick Shortcuts.

 

Panel pengaturan cepat

Pengaturan peningkatan privasi lainnya dapat ditemukan di panel pengaturan cepat Android 12. Selain lokasi, Anda kini dapat dengan mudah memblokir akses ke kamera dan mikrofon. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Geser ke bawah untuk melihat seluruh bilah notifikasi. Biasanya Anda perlu menggulir dua kali. Gulir pertama hanya menampilkan baris pertama, gulir kedua menunjukkan seluruh daftar opsi.
  2. Ketuk ikon berbentuk pensil di sudut kiri bawah panel pengaturan cepat (ini dapat bervariasi tergantung pada model ponsel cerdas Anda).
  3. Temukan Pintasan Lokasi, Akses Mikrofon, Akses Kamera, dan buka panel Pengaturan Cepat.
  4. Setelah selesai, ketuk opsi Blokir atau Buat Akses.
🔴 TRENDING:  Beginilah cara kerja Bisnis Instagram untuk bisnis

 

Indikator penggunaan fungsi ponsel cerdas

Selain opsi di atas, bilah notifikasi Android 12 akan mengeluarkan peringatan penggunaan sumber daya sistem saat aplikasi menggunakan kamera atau mikrofon ponsel cerdas. Namun, hal yang sama tidak terjadi jika layanan menggunakan situs ini. Namun, dalam hal ini, ikon lokasi akan muncul di bilah notifikasi, seperti yang Anda lihat di Android 11 saat ini.

Setelah dihidupkan, indikator penggunaan kamera atau mikrofon akan segera menampilkan ikon untuk fitur terkait yang digunakan. Namun, setelah beberapa saat akan berubah menjadi titik hijau kecil di bilah notifikasi di sudut kanan. Poin ini menunjukkan bahwa aplikasi menggunakan fungsionalitas sistem. Jika Anda melihat titik hijau untuk mengidentifikasinya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Geser ke bawah untuk melihat seluruh bilah notifikasi. Biasanya Anda perlu menggulir dua kali. Gulir pertama hanya menampilkan baris pertama, gulir kedua menunjukkan seluruh daftar opsi.
  2. Titik diperbesar sebagai ikon untuk fitur yang Anda gunakan, baik itu kamera atau mikrofon.
  3. Saat Anda mengklik ikon untuk komponen yang Anda gunakan, sebuah popup akan muncul untuk memilih aplikasi mana yang mengakses fitur tersebut.

Dari sini, Anda dapat mengakses dan mencabut izin aplikasi yang melanggar.

 

Kernel komputasi Android

Last but not least, pengumuman resmi Android 12 akan segera dilakukan, mengingat rumor terbaru bahwa Google akan meluncurkan model Pixel 6 dan Pixel 6 Pro baru pada 13 September.. .. Seperti yang sudah Anda ketahui, generasi keenam dari Pixel line dibuat dengan prosesor custom baru Google, Tensor.

Di antara fitur utama yang ditemukan dalam SoC ini adalah fokus pada kecerdasan buatan (AI) dan pembelajaran mesin (ML), dan privasi yang dijamin oleh integrasi modul Titan M2.

🔴 TRENDING:  Cara menghapus data dari perangkat yang hilang atau dicuri

Mengenai perangkat lunak, kami telah mengadopsi teknologi “Android Private Compute Core” yang memproses informasi pribadi Android 12 secara lokal di smartphone itu sendiri. Ini memberi pengguna partisi aman pada sistem yang serupa dengan yang digunakan untuk menyimpan kata sandi dan data biometrik, dengan fokus pada pemrosesan data dari AI dan kemampuan pembelajaran mesin. Ini berarti bahwa data tetap berada di ruang pribadi yang tersedia untuk fungsi di seluruh sistem.

Live Caption, Smart Replay, Now Play, dan lainnya melindungi privasi orang-orang dengan memproses semua audio, konten, dan pemrosesan bahasa pada perangkat jaringan yang terisolasi. Dengan cara ini, Anda dapat menerima saran secara pribadi berdasarkan interaksi Anda dengan orang, aplikasi, dan konten.

Bagaimana ini dijamin? Saat ponsel cerdas menyimpan informasi untuk saran pribadi, informasi tersebut dienkripsi sebelum disimpan. Akibatnya, ponsel cerdas tidak menyembunyikan informasi yang digunakan untuk memberikan saran pribadi ke akun Google Anda, kecuali untuk informasi yang digunakan untuk merekomendasikan aplikasi. Ini karena sistem dapat merekomendasikan aplikasi bahkan jika Anda mengganti ponsel cerdas.

Dengan cara ini, semua informasi dienkripsi setiap kali cadangan dibuat. Selain itu, perlindungan Private Compute Core bersifat open source dan dapat diakses oleh seluruh komunitas keamanan. Anda juga dapat mengakses fitur ini langsung dari pengaturan sistem Anda.

  1. Buka Pengaturan Sistem.
  2. Buka Privasi > Pusat Komputasi Pribadi.

 

Dari sini, Anda dapat melihat dan memahami informasi yang disimpan langsung di ponsel cerdas Anda, termasuk subtitle untuk video, podcast, audio, panggilan, tindakan terkait notifikasi, dan saran teks. Anda juga dapat menggunakan menu ini untuk menonaktifkan saran keyboard atau menghapus data yang telah dipelajari sistem operasi sebelumnya.

🔴 TRENDING:  Ponsel tidak mau charge dengan benar, Perhatikan ini ! 

Panel Privasi dan semua fitur yang diidentifikasi dalam artikel ini masih diuji di Android 12 beta 4 untuk Pixel 3 (SPB4.210715.014). Oleh karena itu, beberapa pengaturan atau informasi dapat berubah dengan dirilisnya versi resmi. Ini adalah sistem operasi baru dan sangat bergantung pada model ponsel cerdas yang Anda gunakan.