Ponsel tidak mau charge dengan benar, Perhatikan ini ! 

Jika smartphone atau tablet Anda tidak mengisi daya dengan benar atau tidak mengisi daya sama sekali, berikut 12 cara mengatasi smartphone yang tidak terisi daya.

 

Mengapa telepon tidak mengisi daya?

Masalah terjadi pada tingkat yang berbeda-beda. Entah itu tidak mengisi daya sama sekali saat ponsel cerdas terhubung, atau mengisi daya dengan sangat lambat (terkadang sedikit lebih cepat daripada pengosongan). Ini adalah keluhan yang sangat umum, jadi inilah beberapa solusinya.

  1. Perbaikan port USB sendiri

Yang menjadi kendala yaitu port USB dan permukaan logam di dalam pengisi daya micro USB tidak bersentuhan dengan baik, baik karena cacat pabrikan atau karena kabel pengisi daya masih terpasang dan dicabut.

Yang harus Anda lakukan adalah mematikan perangkat, mengeluarkan baterai (jika ada), dan menggunakan alat kecil seperti tusuk gigi untuk “mencubit” tab kecil ke port USB ponsel cerdas atau tablet Anda. Masuk dengan hati-hati dan lembut, lalu masukkan kembali baterai dan sambungkan kembali. 9 dari 10 kali, itu saja yang Anda butuhkan.

 

  1. Buang serat, permen, dan debu

Apakah Anda memiliki ponsel di saku celana jeans Anda? Jika demikian, mungkin karena serat. Kami belum dapat melacak berapa kali penyebab pengisian USB yang tidak dapat diandalkan ditemukan sebagai garis keturunan saku Levi.

Saya pernah melihat telepon dengan port pengisian penuh cokelat setelah memasukkannya ke dalam tas bersama dengan kotak permen. Sekaleng udara bertekanan dapat mengeluarkan iritasi yang tidak menyenangkan dan mengembalikan koneksi USB ke normal.

Aman untuk diingat bahwa menggunakan cairan untuk membersihkan kontak akan merusak perangkat. Jangan sekali-kali menggunakan air, deterjen, atau bahan abrasif apa pun karena dapat merusak konektor.

 

  1. Ganti kabel

Bagian tertipis dari pengisi daya adalah kabelnya, bukan adaptor yang dicolokkan ke stopkontak. Pengguna Apple sangat berisiko di sini (hanya bercanda!), karena kabel Lightning Apple (dan mahal) tampaknya memiliki umur rata-rata sekitar 15 menit. Namun, semua kabel memiliki masa pakai yang ketat dan dapat mengakibatkan pembengkokan dan puntiran tak terbatas.

 

  1. Diagnostik transformator berbahaya

Jika menurut Anda kabelnya baik-baik saja, periksa adaptor steker dinding. Ini terutama berlaku untuk adaptor yang memungkinkan Anda melepas kabel pengisi daya. Dengan beberapa pengisi daya, saya mengalami kesulitan mencabut port USB sedikit setelah mencolokkan dan mencabut kabel tanpa henti.

🔴 TRENDING:  Cara membuka kunci ponsel Anda tanpa PIN

Penting juga untuk memastikan bahwa pengisi daya dan unit kabel kompatibel dengan telepon yang bersangkutan. Ini membantu mengesampingkan smartphone sebagai penyebab masalah. Dalam hal pengisi daya, beberapa model menawarkan kombinasi tegangan dan arus listrik untuk model tertentu, sehingga pengisi daya tidak dapat mengisi daya baterai ponsel dan akan mengisi daya dengan kecepatan yang sangat lambat.

 

  1. Ingat – Keselamatan Pertama

Internet penuh dengan laporan tentang pengisi daya pihak ketiga murah yang meledak larut malam atau membuat smartphone Anda hangus.

Versi sebelumnya dari artikel ini memperingatkan pengguna untuk tidak mengisi daya perangkat mereka dalam semalam, tetapi saya ingin menunjukkan bahwa ini bukan karena perangkat dapat mengisi daya secara berlebihan.

Telepon teknis terletak di tempat yang kecil, seperti di bawah bantal atau di dalam kotak. Ini bisa menjadi sangat panas. Pada dasarnya, jika Anda ingin mengisi daya ponsel cerdas Anda dalam semalam, simpan di tempat yang aman.

 

  1. Ganti baterai

Baterai tidak bertahan selamanya, dan setelah beberapa tahun, mereka mulai kesulitan untuk mengisi daya. Semakin habis dan diisi ulang, semakin banyak yang perlu diganti. Jika baterai gagal setelah hanya 6 bulan, mungkin rusak dan Anda harus mengklaim garansi penggantian gratis, tetapi jika baterai lebih dari 2 tahun, Anda mungkin akan kehabisan.

Sangat mudah untuk menemukan beberapa baterai yang rusak karena cairan mulai membengkak dan bocor. Jika hal ini tidak terlihat dari luar, lepaskan penutup perangkat dan periksa baterai (jika memungkinkan, beberapa perangkat memiliki kompartemen baterai tertutup).

Jika penutup tidak terlepas, coba putar perangkat di bagian belakangnya. Jika baterai bengkak, casing akan berubah bentuk. Anda mungkin tidak melihat tonjolan ini, tetapi mungkin cukup untuk memutar ponsel cerdas Anda. 7. Pengiriman dari sumber yang tepat

Karena port USB komputer memiliki daya yang rendah, pengisian daya dari stopkontak selalu lebih cepat daripada pengisian daya melalui PC atau laptop. jika ponsel Anda mengisi daya dengan lambat dan Anda terhubung ke laptop Anda, ada masalah.

Jika pengisi daya dinding tampaknya tidak menghubungkan item, pastikan cocok untuk perangkat Anda. Pengisi daya telepon lain mungkin tidak memberikan jumlah jus yang tepat. Misalnya, pengisi daya headset Bluetooth tidak mengeluarkan daya sebanyak pengisi daya yang dirancang khusus untuk ponsel cerdas.

Ponsel kelas atas modern mendukung pengisian cepat, tetapi Anda mungkin memiliki pengisi daya yang tidak. Melihat rincian.

🔴 TRENDING:  Apakah Google Play Store tidak berfungsi? ini solusinya

 

  1. Perbarui atau kembalikan

Pembaruan perangkat lunak dan versi Android baru dapat berdampak besar pada masa pakai baterai, terutama saat memutakhirkan perangkat lama ke perangkat lunak yang sudah ada. Perangkat baru sering dioptimalkan untuk memanfaatkan perangkat lunak terbaru, tetapi perangkat dari dua tahun lalu mungkin mengalami kesulitan saat memperbaruinya.

Jika ini terjadi dan Anda tidak dapat memecahkan masalah, pertimbangkan untuk menurunkan perangkat Anda ke versi Android yang lebih lama. Namun, perlu diingat bahwa ini disertai dengan risiko keamanan dan kehilangan data. Faktanya, beberapa produsen tidak menawarkan opsi ini kepada penggunanya. Jika Anda dapat menemukan cara untuk memutar kembali, pastikan untuk mencadangkan semuanya ke telepon sebelum melanjutkan.

Dikatakan bahwa selalu disarankan untuk menggunakan versi perangkat lunak terbaru untuk melindungi perangkat Anda. Ada sedikit risiko meninggalkan ponsel cerdas Anda dalam versi yang lebih lama, tetapi perlu diperhatikan.

Namun, dalam kebanyakan kasus, pembaruan dapat sangat meningkatkan masa pakai dan kinerja baterai, jadi jika menurut Anda versi perangkat lunak Android Anda sangat tertunda, buka Setelan > Info perangkat. Harap periksa pembaruan.

 

  1. Tutup

Menggunakan aplikasi atau fitur yang menghabiskan banyak baterai saat perangkat Anda sedang diisi dayanya akan memengaruhi seberapa cepat Anda memperpanjang masa pakai baterai. Call of Duty: Saat mengisi daya ponsel saat bermain game dengan kecerahan 100%, perangkat akan membutuhkan waktu lebih lama untuk mengisi daya secara normal dibandingkan dengan layar dan mematikan Wi-Fi dan 4G.

Jika Anda ingin melihat injeksi daya tercepat, alihkan perangkat ke mode Pesawat atau matikan sepenuhnya saat mengisi daya. Anggap saja sebagai menyalakan perangkat Anda.

 

  1. Pastikan telepon melaporkan kondisi baterai yang benar

Terkadang, perangkat Anda berpikir bahwa tingkat pengisian baterai “salah”. Hal ini dapat menyebabkan fungsi yang berbeda dari ponsel. Misalnya, diperlukan waktu satu jam untuk mengurangi performa atau menghabiskan 2 persen baterai terakhir sebelum dibutuhkan.

Saya sudah membuat panduan lengkap tentang cara mengatur ulang baterai ponsel cerdas saya, jadi saya tidak akan memasukkan kembali semuanya di sini, tetapi ini adalah sesuatu untuk dicoba sebelum menyingkirkan paket daya yang benar-benar mati. Tetapi sebelum memikirkan hal lain, penting untuk diketahui bahwa “menyetel” baterai tidak secara ajaib meningkatkan masa pakai baterai. Proses ini hanya memverifikasi bahwa masa pakai baterai yang dilaporkan oleh telepon sudah benar.

🔴 TRENDING:  Cara mengambil tangkapan layar saat menggulir di Android

 

  1. Periksa voltase dan ampere baterai

Tip ini dirujuk dalam komentar berikut oleh Patrick untuk membantu Anda dengan cepat mengidentifikasi kabel yang rusak.

Unduh dan buka aplikasi Ampere gratis dari tautan di bawah ini. Kemudian sambungkan pengisi daya dan antarmuka akan berubah menjadi hijau dan teks di atas akan menampilkan “Ukur”. Jika Anda tidak melihat ini, atau tidak terjadi apa-apa, maka tidak ada arus yang mengalir melalui perangkat.

Ini juga merupakan cara yang bagus untuk melihat pengisi daya mana yang berfungsi paling baik.

Colokkan paket isi ulang Anda yang berbeda, termasuk paket baterai portabel, untuk melihat apakah mereka memiliki daya rata-rata tertinggi atau tertinggi (aplikasi memudahkan untuk mengetahuinya). …ini bukan pengukuran yang tepat, tetapi ini menunjukkan bahwa jika tidak ada yang lain, aplikasi ini sepenuhnya gratis.

 

  1. Bagaimana dengan kerusakan akibat banjir?

Banyak di komentar bertanya tentang masalah baterai yang disebabkan oleh banjir. Jika ponsel Anda tidak diberi peringkat IP dan Anda tidak dapat mengisi dayanya setelah menjatuhkannya ke dalam air, Anda tidak memiliki banyak pilihan. Namun, Anda dapat mencoba mengeringkan perangkat untuk waktu yang lama, menghilangkan kelembapan dari kontak port USB, dan terakhir mengganti baterai jika memungkinkan.

Namun, Anda perlu mencegah hal ini terjadi. Baca artikel yang menjelaskan apa yang harus dilakukan jika Anda menjatuhkan ponsel cerdas Anda ke dalam air untuk mengambil langkah pertama dalam menyelamatkan ponsel cerdas Anda.

Jika tidak ada langkah di atas yang membantu, hubungi produsen untuk mengetahui cara melanjutkan. Ini juga saat yang tepat untuk mengetahui apakah masalah Anda dilindungi oleh garansi. Jangan mencoba membuka kunci telepon tanpa kehadiran teknisi kecuali telepon dirancang untuk pengguna untuk mengganti baterai. Seperti yang ditunjukkan dalam video di atas, komponen berisiko meledak dan hanya boleh ditangani oleh profesional.