Cara membuka kunci ponsel Anda tanpa PIN

Apakah Anda ingin melupakan PIN atau kunci pola ponsel Android Anda dan membuka kunci ponsel Anda? Artikel ini menjelaskan apa yang harus dilakukan jika Anda mengalami situasi ini. Ada banyak metode dan alat yang mengklaim dapat membuka kunci ponsel Anda, tetapi perlu diingat bahwa mulai tahun 2021, semuanya melibatkan kehilangan data. Ingatlah hal ini sebelum melanjutkan.

 

Sebuah pengantar

Biasanya Anda lupa dengan kode kunci atau kunci pola di smartphone Android Anda. Dalam beberapa kasus, ketika Anda mencoba membuka kunci ponsel cerdas Anda setelah beberapa jam, Anda mungkin mengingat kode atau polanya. Tetapi bagaimana jika Anda tidak mengingat kode atau pola kunci sama sekali?

 

Bisakah saya memulihkan data dari ponsel cerdas Android yang terkunci?

Jawaban sederhana untuk pertanyaan ini adalah tidak.

Ada beberapa langkah yang memungkinkan Anda untuk menggunakan telepon Anda lagi, tetapi yang tidak dapat Anda capai adalah memulihkan data yang tersimpan di telepon Anda yang terkunci. Ini berlaku untuk semua ponsel cerdas yang menjalankan versi Android yang relatif lebih baru, termasuk Android 9, Android 10, Android 11, dan Android 12 yang akan datang.

Anda mungkin menemukan beberapa situs web/alat dan video yang mengklaim melakukan ini, tetapi jika Anda memeriksanya, Anda akan menemukan bahwa metode ini menyesatkan atau hanya berfungsi pada versi Android yang sangat lama. Yang benar adalah bahwa pada tahun 2021, Google pada dasarnya membuat proses mendapatkan kembali akses ke perangkat Android yang terkunci jauh lebih sulit.

Ini bisa sangat membuat frustrasi (atau bahkan tidak adil) bagi siapa saja yang hanya ingin mendapatkan kembali akses ke ponsel cerdas mereka atau ponsel orang yang mereka cintai setelah kematian, tetapi semua tindakan ini penting untuk dicatat bahwa ini dilakukan dengan andal. Data pribadi Anda tetap aman dalam segala situasi dan tidak dapat diakses oleh orang jahat.

Smartphone saat ini adalah gadget yang sangat pribadi dan harta karun berupa data pribadi. Ponsel cerdas tidak hanya berisi informasi keuangan terperinci, tetapi juga cenderung berisi data yang bersifat sangat intim. Ini adalah jenis data yang Anda tidak ingin orang lain dapat mengaksesnya. Satu-satunya hal yang mencegah orang lain mengakses data ini adalah salah satu dari banyak sistem keamanan yang dimiliki ponsel untuk membuat data ini hanya dapat diakses oleh pemiliknya yang sah.

Oleh karena itu, tidak logis bagi Google untuk menyederhanakan proses membuka kunci smartphone. Ini juga berarti bahwa proses membuka kunci (dan mengakses data) juga memudahkan orang-orang di luar sana untuk mencuri data Anda – dan percayalah kepada kami ketika kami mengatakan ini. Tolong, ada banyak orang seperti itu!

🔴 TRENDING:  Cara menggunakan ponsel lama Anda sebagai kamera pengawas bayi

Mulai tahun 2021, Anda dapat “membuka” sebagian besar ponsel cerdas dengan melakukan reset pabrik. Namun, ini juga berarti bahwa siapa pun yang mencuri ponsel dapat menggunakannya sebagai perangkat baru setelah melakukan reset pabrik. Untuk mengatasi ini, banyak model ponsel cerdas baru mengharuskan pengguna memasukkan kata sandi akun Google yang mereka gunakan untuk masuk ke telepon untuk pertama kalinya. Bahkan, fitur ini mungkin diaktifkan secara default di semua smartphone Android di masa mendatang. ..

Sekarang Anda tahu mengapa Anda tidak bisa mendapatkan kembali data Anda jika Anda lupa PIN atau pola buka kunci, setidaknya mari kita lihat cara mengembalikan ponsel cerdas Anda sehingga Anda dapat membukanya dan menggunakannya seperti baru.

 

Bagaimana cara membuka kunci ponsel cerdas Android saya menggunakan fitur Smart Lock?

Catatan: Metode ini mengharuskan fitur Google Smart Lock diaktifkan sebelumnya.

 

Beberapa tahun lalu, Google memperkenalkan fitur bernama Smart Lock untuk smartphone Android. Mulai tahun 2021, fitur ini akan terus tersedia di sebagian besar perangkat Android. Namun, itu harus diaktifkan sebelum Anda dapat menggunakannya untuk membuka kunci ponsel yang terkunci.

Tergantung pada cara Anda mengaktifkan fitur Smart Lock di ponsel cerdas Anda, perangkat akan otomatis terbuka kuncinya saat mendeteksi bahwa perangkat berada di “zona tepercaya” atau dekat dengan perangkat tepercaya. lagi. Ini mungkin termasuk headphone Bluetooth dan jam tangan pintar.

Misalnya, jika Anda menggunakan fitur Smart Lock untuk menetapkan kantor Anda sebagai area tepercaya, ponsel Anda akan otomatis terbuka kuncinya saat GPS mendeteksi bahwa Anda berada di ‘area tepercaya’. Cukup bawa ponsel Anda yang terkunci ke area tepercaya dan itu akan terbuka tanpa harus memasukkan PIN atau menggunakan kunci pola.

 

Cara membuka kunci ponsel cerdas Android Anda dengan Google Temukan Perangkat Saya

Alat lain yang dapat Anda gunakan untuk membuka kunci ponsel Anda (meskipun kehilangan data) adalah Google Temukan Perangkat Saya. Di sebagian besar perangkat Android baru, Temukan Perangkat Saya diaktifkan secara otomatis saat Anda masuk ke perangkat dengan akun Google Anda.

Jika Anda lupa PIN/pola dan ingin mengunjungi ponsel lagi dan mengetahui akun Google yang digunakan untuk ponsel tersebut, Anda dapat menggunakan pencari perangkat.

🔴 TRENDING:  Bagaimana mencegah aplikasi berjalan di latar belakang di Android

Untuk mengakses alat Temukan Perangkat, buka browser web di komputer Anda (atau ponsel cerdas lainnya) dan klik li ini.

  • Masuk ke alat pencarian di perangkat Anda menggunakan akun Google yang sama dengan yang Anda gunakan di ponsel
  • Sebuah layar akan muncul daftar perangkat yang masuk dengan akun Google yang sama.
  • Pilih telepon yang ingin Anda pulihkan aksesnya.
  • Di sudut kiri, Anda akan melihat tiga opsi: Putar Audio, Lindungi Perangkat, dan Hapus Perangkat.
  • Pilih opsi ketiga, Hapus Perangkat.
  • Anda mungkin diminta untuk memasukkan kata sandi akun Google Anda untuk melanjutkan.
  • Jika data Anda telah terhapus, Anda mungkin diminta untuk masuk kembali ke akun Google Anda dari ponsel Anda.

Versi Android yang lebih lama memiliki opsi untuk menggunakan Temukan Perangkat Saya untuk mengatur ulang kode kunci layar dan menggunakan kode kunci baru untuk mengakses ponsel cerdas tanpa kehilangan data. Sayangnya, ini tidak mungkin lagi.

 

Gunakan akun Google (berfungsi pada ponsel yang sangat lama dengan Android 4.4 dan sebelumnya)

Catatan: Ini adalah trik yang sangat lama yang bekerja pada perangkat dengan Android 4.4 dan yang lebih lama. Jika Anda memiliki perangkat baru, opsi ini tidak akan berfungsi.

Ponsel cerdas Android lama memiliki opsi untuk membuka kunci pola/kunci layar menggunakan akun Google. Namun, ini tidak berlaku untuk perangkat baru.

  • Coba buka formulir 5 kali (jika Anda beruntung, Anda bisa menebak/ingat!).
  • Setelah upaya kelima, entri Anda akan diblokir, tetapi di bagian bawah layar Anda akan melihat opsi “Lupa pola”. Klik.
  • Masuk ke akun Google Anda.
  • Setelah diautentikasi dengan akun Google Anda, Anda akan dapat membuka kunci perangkat Anda dengan memilih PIN baru, pola, kunci, dan banyak lagi.

 

Bagaimana saya bisa mengatur ulang ponsel cerdas saya menggunakan mode pemulihan?

Jika tidak satu pun dari opsi ini berfungsi, pilihan terakhir Anda adalah melakukan reset pabrik pada telepon. Seperti yang diharapkan, proses ini akan mengakibatkan hilangnya semua data yang saat ini tersimpan di telepon. Tapi hei, Anda akan mendapatkan telepon kembali setidaknya untuk penggunaan normal.

Cara melakukan reset pabrik perangkat bervariasi dari satu perangkat ke perangkat lainnya, tetapi Anda biasanya perlu menahan tombol Daya dan Volume saat perangkat dimatikan. Harap dicatat bahwa ini dapat bervariasi tergantung pada merek dan model ponsel Anda.

 

Cara mengatur ulang ponsel Android yang terkunci ke default pabrik

  • Matikan telepon.
  • Tekan dan tahan tombol daya dan tombol volume bawah.
  • Tunggu telepon untuk boot ke mode Fastboot.
  • Gunakan tombol volume atas/bawah untuk membuka opsi mode pemulihan/.
  • Gunakan tombol daya untuk mengklik mode pemulihan.
  • Setelah me-restart smartphone dan melihat layar Google, Anda akan melihat gambar dengan mantra Android tergeletak di punggungnya.
  • Cepat dan tahan tombol Daya dan tombol Volume Naik (tekan tombol Daya terlebih dahulu, lalu segera tombol Volume Naik). Anda mungkin perlu berlatih sedikit untuk mendapatkan urutan yang benar.
  • Gunakan tombol pengunci volume untuk menggulir ke bawah ke Wipe Data / Factory Reset.
  • Ponsel Anda akan disetel ulang dan akan dimulai ulang dalam beberapa menit.
  • Setelah reset, Anda dapat menggunakan perangkat Anda sebagai smartphone baru.
🔴 TRENDING:  Cara mengambil tangkapan layar saat menggulir di Android

 

Bagaimana saya bisa mengatur ulang ponsel Samsung yang terkunci Android ke default pabrik?

Catatan: Smartphone Samsung baru seperti seri Galaxy S21 mengharuskan ponsel terhubung ke PC untuk boot ke mode pemulihan.

  • Matikan smartphone yang terkunci.
  • Pencet lalu tahan tombol power dan tombol Volume Naik secara bersamaan.
  • Ponsel Anda akan langsung boot ke mode pemulihan.
  • Gunakan tombol volume untuk bergerak ke atas dan ke bawah dan pilih opsi Wipe Data / Factory Reset.
  • Wair untuk me-restart telepon. Anda sekarang dapat mengatur ponsel Anda sebagai baru.

Untuk sebagian besar vendor smartphone Android lainnya, prosesnya hampir sama. Anda harus menahan tombol daya dan tombol volume atas atau volume bawah untuk masuk ke mode pemulihan dan melakukan reset pabrik.

Catatan: Pada beberapa perangkat baru, Anda mungkin dimintai sandi untuk akun Google terakhir yang Anda masuki, bahkan setelah melakukan reset pabrik. Ini adalah tindakan keamanan untuk memastikan bahwa ponsel Anda terlindungi. Lakukan reset pabrik – pencuri tidak dapat menggunakannya atau menjualnya, yang membuat penawaran keseluruhan menjadi tidak menarik.