Apakah Google Play Store tidak berfungsi? ini solusinya

Apakah Google Play Store tidak berfungsi? Akankah Penangguhan Google Play Store Berlanjut? Saya yakin kita semua pernah mengalami masalah dengan Google Play Store di beberapa titik dalam hidup kita. Apapun masalahnya, yakinlah bahwa ada solusinya. Di bawah ini adalah serangkaian solusi yang mungkin memperbaiki beberapa masalah buruk yang mungkin Anda alami dengan Google Play Store.

Ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi Play Store. Ikuti metode pemecahan masalah, dari solusi sederhana hingga yang lebih kompleks.

 

Bagaimana mengidentifikasi masalah

Pertama-tama, Anda harus memastikan bahwa masalahnya ada di pihak Anda dan bukan masalah Google yang lebih luas. Misalnya, periksa status Play Store dengan layanan seperti pendeteksi bug. Jika banyak pengguna melaporkan masalah serupa, itu mungkin bagian dari Google dan Anda harus menunggu mereka memperbaikinya.

Jika menurut Anda masalahnya ada di sisi pengguna, maka Anda harus me-restart telepon terlebih dahulu. Jelas, ini bisa menjadi perbaikan cepat untuk banyak masalah. Jika masalah berulang, saatnya untuk bertindak.

Pertama, mari kita lihat beberapa hal sederhana yang dapat memengaruhi kinerja di luar Google Play.

 

Periksa koneksi internet

Coba beralih dari Wi-Fi ke data seluler dan sebaliknya untuk melihat apakah masalahnya hilang. Juga, alihkan ponsel cerdas Anda ke Mode Pesawat dan coba lagi. Terakhir, Anda dapat mengatur ulang router untuk memastikan bahwa koneksinya baik.

 

Periksa pengaturan tanggal dan waktu Anda

Google secara rutin memeriksa tanggal dan waktu di Play Store di smartphone Anda. Jika ada perbedaan antara waktu sebenarnya dan waktu yang ditampilkan di ponsel Anda, server Google mungkin mengalami masalah saat menyinkronkan dengan perangkat Anda dan Google Play Store dapat berfungsi.

Jika perangkat Anda dihidupkan secara otomatis dan Google Play Store belum berfungsi, Anda harus menyetel tanggal dan waktu secara manual. Pertama, Anda perlu mematikan tanggal dan waktu otomatis.

 

Periksa Aplikasi Google

Jika Play Store membeku atau bermasalah, geser untuk menghentikannya, atau pilih Pengaturan > Aplikasi & pemberitahuan > Tampilkan semua aplikasi dan pilih Google Play Store untuk menghentikannya.] Klik.

Selanjutnya, Anda perlu memastikan bahwa Google Play itu sendiri mutakhir dan bersih. Ini termasuk memastikan Anda menginstal Google Play versi terbaru, terutama jika Google Play Store terus ditangguhkan. Jika itu tidak berhasil, kami sarankan untuk melakukan pembersihan. Ini berarti membersihkan cache Google Play Store, dan jika itu tidak menyelesaikan masalah, lanjutkan dan hapus data Play Store.

Jika masalah berlanjut setelah membersihkan Play Store, maka Anda perlu menghapus data Layanan Google Play dan cache sedikit lebih dalam dan menginstal versi terbaru Layanan Google Play. Jika masalah berlanjut, langkah selanjutnya (pastikan Anda telah mendaftarkan kata sandi Anda, dll.) adalah mengatur ulang akun Google Anda di perangkat Anda.

 

Instal versi terbaru dari Google Play Store

Sungguh ironis, tetapi pembaruan Google Play Store mungkin tersedia, tetapi pembaruan tersebut tidak akan diunduh secara otomatis hingga beberapa hari setelah dirilis. Namun, begitu Anda mendapatkan APK, Anda akan segera mendapatkan versi terbaru. Baca artikel ini untuk petunjuk.

🔴 TRENDING:  Bagaimana mencegah aplikasi berjalan di latar belakang di Android

 

Kosongkan cache Google Play Store

Dalam beberapa kasus, Anda dapat memulai ulang Play Store hanya dengan membersihkan cache-nya. Cache adalah area penyimpanan yang berisi data sementara, sehingga Anda dapat dengan cepat mengambil data tanpa memuat ulang. Ini dapat memecahkan masalah dan membuatnya lebih mudah untuk dibongkar.

  • Pertama, masuk ke [Pengaturan] dari layar beranda ponsel cerdas Anda.
  • Kemudian Anda harus pergi ke aplikasi atau manajer aplikasi. Ini tergantung pada perangkat Anda.
  • Untuk stok Android, Anda perlu mengetuk Tampilkan semua aplikasi.
  • Anda sekarang akan melihat daftar aplikasi yang terpasang di ponsel Anda. Gulir ke bawah dan ketuk hingga Anda melihat Google Play Store.
  • Layar yang menampilkan informasi aplikasi ditampilkan. Sekarang ketuk opsi yang disebut Penyimpanan dan Cache.
  • Ketuk opsi yang disebut Clear Cache.
  • Kembali dan lihat apakah ini menyelesaikan masalah. Jika tidak, ulangi langkah yang sama, tetapi akhirnya ketuk opsi Clear Storage.
  • Google Play Store untuk menghapus cache

 

Hapus Penyimpanan Google Play Store

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika membersihkan cache tidak menyelesaikan masalah, Anda dapat mencoba opsi lain. Kosongkan penyimpanan. Prosedurnya sama seperti di atas, tetapi prosedur ini menghapus banyak informasi. Aplikasi kembali ke kotak dan menghapus informasi yang disimpan. Mudah-mudahan, ini berisi data bug yang menyebabkan masalah. Perhatikan bahwa melakukannya akan menghapus file, pengaturan, akun, database, dan informasi lainnya. Akun Anda akan dihapus dari akun Google Play Store Anda, jadi Anda perlu memastikan bahwa Anda memiliki informasi login akun Anda.

 

Hapus data dan cache Layanan Google Play

Jika Google Play Store adalah jantung dari perangkat Android Anda, maka Layanan Google Play adalah jiwanya. Layanan Play adalah proses latar belakang yang tidak jelas yang memungkinkan aplikasi terhubung ke berbagai bagian perangkat, memungkinkan aplikasi untuk menyinkronkan, mengirim pemberitahuan, dan banyak lagi. Jika menghapus cache dan data Google Play Store tidak berhasil, Anda perlu mengakses Layanan Google Play untuk menghapus data dan cache. Ini mudah dilakukan.

  1. Buka Pengaturan dan buka Aplikasi.
  2. Klik Tampilkan semua aplikasi.
  3. Anda sekarang akan melihat daftar aplikasi yang terpasang di ponsel Anda. Gulir ke bawah dan ketuk hingga Anda melihat Layanan Google Play.
  4. Layar yang menampilkan informasi aplikasi ditampilkan. Sekarang ketuk opsi yang disebut Penyimpanan dan Cache.
  5. Ketuk opsi yang disebut Clear Cache.

 

Instal versi terbaru Layanan Google Play

Hal lain yang dapat membantu adalah mengunduh dan menginstal versi terbaru Layanan Google Play dan Google Play Store. Versi terbaru dari program ini mungkin yang paling stabil, jadi sangat berguna untuk selalu memperbaruinya.

Pertama, Anda perlu memastikan bahwa Google Play Store Anda mutakhir. Berikut cara melakukannya:

  • Buka aplikasi Google Play Store dan ketuk gambar profil Anda di sudut kanan atas.
  • Ketuk Pengaturan, lalu ketuk Umum.
  • Klik opsi berlabel Perbarui aplikasi otomatis dan pastikan opsi Jangan perbarui aplikasi secara otomatis tidak dicentang.
🔴 TRENDING:  Cara menyesuaikan baterai ponsel atau tablet Android Anda

Jika opsi ini tidak berfungsi, baca tutorial ini untuk petunjuk terperinci tentang cara mendapatkan versi terbaru.

 

Setting  ulang akun Google Anda di hp anda

Kami sekarang datang ke solusi yang lebih radikal. Jika aplikasi Play Store masih tidak berfungsi, Anda mungkin perlu memperbarui akun Google di perangkat Android Anda. Ini berarti bahwa akun Google Anda akan disetel ulang untuk seluruh ponsel cerdas Anda, bukan hanya Google Play Store. Sebelum Anda memulai ini, pastikan Anda mengetahui akun Anda. Jika Anda tidak hati-hati, Anda bisa kehilangan seluruh akun Anda.

Untuk melakukan ini, hapus akun dan tambahkan lagi. sangat mudah.

Buka Pengaturan dan ketuk Kata Sandi Akun. Kemudian Anda perlu mengklik akun Google yang ingin Anda hapus, lalu klik ikon menu (tiga titik di kanan atas) dan kemudian klik hapus akun.

Selanjutnya, Anda harus memasukkan kembali akun Google Anda. Kembali ke Pengaturan dan ketuk Akun lagi. Yang Anda lihat hanyalah menambahkan akun. Jika Anda melihat akun Anda, Anda lupa menghapusnya. Klik Tambahkan akun dan ikuti petunjuk di layar untuk menambahkan akun lagi.

 

Lihat aplikasi pihak ketiga

Dengan langkah-langkah di atas, Anda perlu memeriksa apakah masalahnya ada pada sistem Google Play itu sendiri tetapi masalahnya dapat disebabkan oleh aplikasi terkait lain yang mungkin mengganggu Play Store. Pertama, periksa aplikasi yang dinonaktifkan dan pastikan pengelola unduhan Anda diaktifkan. Jika Anda memiliki VPN, Anda juga harus menonaktifkannya.

 

Periksa Aplikasi yang Dinonaktifkan

Banyak aplikasi membutuhkan aplikasi lain untuk berfungsi dengan baik. Ini terutama benar jika Anda bekerja dengan aplikasi sistem seperti Google Play Store. Jika Anda baru saja menonaktifkan aplikasi, ini mungkin masalahnya. Untungnya, ini dapat dengan mudah diperbaiki.

 

Nonaktifkan VPN

Memiliki VPN adalah cara yang bagus untuk mendapatkan semua media favorit Anda di luar lokasi geografis Anda. Anda juga dapat menggunakan VPN untuk menginstal aplikasi di Play Store di negara lain. Namun, mungkin ada masalah dengan Google Play Store di wilayah Anda karena VPN.

Jika Anda telah menginstal aplikasi VPN pihak ketiga. Itu harus dinonaktifkan secara terpisah.

 

Aktifkan pengelola unduhan (hanya berlaku untuk ponsel Android lama)

Jika pengelola unduhan dinonaktifkan, Play Store mungkin berhenti berfungsi. Dalam hal ini, solusinya sederhana. Harap perhatikan bahwa ini bukan lagi opsi pada perangkat dengan Android 10 atau lebih baru.

Buka Pengaturan dan ketuk Aplikasi atau Manajer aplikasi (tergantung perangkat Anda).

Anda mungkin perlu menampilkan semua aplikasi atau memilih semua. Dari sana, temukan Pengelola Unduhan atau Unduh dan ketuk di atasnya.

 

Anda harus dapat mengetahui apakah pengelola unduhan dinonaktifkan. Jika demikian, Anda akan melihat tombol bertanda Aktifkan. Anda dapat memulai ulang pengelola unduhan hanya dengan mengeklik tombol ini. Jika yang Anda lihat hanyalah tombol Paksa berhenti dan nonaktifkan (yang mungkin tidak aktif, seperti yang ditunjukkan di bawah), itu mungkin karena pengelola unduhan tidak dinonaktifkan. Itu bisa dihapus.

🔴 TRENDING:  Cara menghapus data dari perangkat yang hilang atau dicuri

 

Carilah solusi radikal

Sekarang kami telah menemukan beberapa solusi teknis untuk dilakukan dengan hati-hati, pastikan Anda mencoba metode di atas terlebih dahulu. Sekarang, jika Anda telah melakukan root pada perangkat Anda, Anda disarankan untuk menghapus file “hosts.txt” di direktori sistem Anda. Jika itu tidak berhasil, atau jika Anda tidak ingin me-root ponsel Anda, kembali ke Play Store dan hapus instalan pembaruan sebelumnya.

Terakhir, sebagai upaya terakhir, Anda selalu dapat melakukan konfigurasi data di ponsel cerdas Anda. Pastikan untuk membuat salinan cadangan terlebih dahulu, karena ini akan menghapus semua data.

 

Hapus file “hosts.txt” (root diperlukan)

Jika Anda adalah pengguna tingkat lanjut yang telah melakukan root pada perangkat, buka File Explorer dengan hak akses root pilihan Anda. Kemudian pergi ke direktori root / sistem, cari “hosts.txt” dan hapus file. Catatan: Jangan sentuh file sistem lainnya.

 

Copot pemasangan pembaruan di Google Play

Biasanya, jika Anda mengalami masalah dengan aplikasi Anda, cukup hapus instalan aplikasi dan instal ulang. Ini berfungsi dengan beberapa aplikasi, tetapi Google Play Store adalah aplikasi sistem di perangkat Android. Alternatifnya adalah mencopot pemasangan pembaruan aplikasi sebelumnya. Ini dapat memecahkan masalah. Berikut cara melakukannya.

  1. Buka Pengaturan dan ketuk Aplikasi.
  2. Klik Tampilkan semua aplikasi dan gulir ke bawah ke Google Play Store.
  3. Klik untuk membuka dan ketuk tiga titik di sudut kanan atas untuk melihat pembaruan pencopotan pemasangan.
  4. Klik Copot pemasangan pembaruan untuk melihat apakah masalah telah teratasi.

 

Copot pemasangan pembaruan

Jika Google Play Store masih tidak berfungsi, Anda harus kembali dan menginstal ulang pembaruan. Dari sana, lanjutkan ke solusi akhir.

 

Lakukan konfigurasi data pada smartphone Anda

Jika semua hal di atas tidak memperbaiki masalah, maka Anda mungkin tidak punya pilihan selain melakukan reset pabrik. Ini adalah tindakan drastis dan memiliki konsekuensi. Semua data akan hilang. Jadi, Anda perlu membuat cadangan penuh terlebih dahulu. Jika Anda masuk ke akun Google Anda lagi, data Anda akan dipulihkan.

Berikut adalah cara mengatur ulang stok smartphone Android Anda ke default pabrik:

  1. Buka Pengaturan.
  2. Gulir ke bawah dan ketuk Sistem.
  3. Ketuk opsi Reset, lalu ketuk Hapus semua data (reset pabrik).