Windows 10 Lelet, Coba Cara dan Tips Ini Buat Menanganinya

Windows 10 Lelet, Coba Cara dan Tips Ini Buat Menanganinya

Windows 10 Lelet, Coba Cara dan Tips Ini Buat Menanganinya. Walau Microsoft membuat beberapa penyempurnaan, tetapi beberapa orang mengeluh masalah Windows 10. Yaitu mekanisme operasi itu disebutkan lamban atau kerap nge-lag.
Windows 10 yang kerap nge-lag ini pasti membuat pengalaman pemakai terusik. Ini terang akan membuat tugas jadi lamban dan menghabiskan waktu.

Tetapi permasalahan lamban tidak cuma disebabkan karena Mekanisme Operasi. Bisa jadi dari RAM yang rendah atau karena ada virus atau malware sampai program berat yang berjalan pada background.

Ini lima cara untuk hadapi Windows 10 yang lamban, diambil dari Appuals, Selasa (28/9/2021):

1. Matikan Program yang Tidak Perlu

Kamu harus mematikan program yang tidak diharapkan. Ada banyak sekali program yang berjalan pada monitor belakang dan memakai beberapa dari sumber daya.

Berikut yang dapat mengakibatkan Windows jadi lamban. Apa lagi bila program yang berjalan pada latar belakang lumayan banyak banyaknya.

Untuk menonaktifkan program yang tak perlu, berikut langkahnya:

  • Pencet dan tahan tombol CTRL, SHIFT, dan Esc untuk buka task manajer.
  • Click tab Startup.
  • Saat ini saksikan program yang berada di sana. Tentukan satu diantaranya yang tidak kamu pakai dengan reguler dan pencet Disable. Turuti cara ini untuk setiap program yang kamu saksikan di daftar.

2. RAM

Check Drivers RAM

Kadang permasalahannya karena hanya kemampuan computer. Mekanisme akan melamban bila computer tidak mempunyai RAM cukup buat bekerja. Bahkan juga bila computer kamu tidak lamban, direferensikan untuk mempunyai ruangan yang cukup pada RAM yang dapat disokong PC.

Kamu dapat mengupgrade RAM untuk pecahkan permasalahan bila itu argumen computer nge-lag. Program seperti antivirus makan beberapa sumber daya. Mempunyai RAM yang cukup akan pastikan mekanisme jalan lumayan cepat dengan antivirus yang diaktifkan.

🔴 TRENDING:  Microsoft Windows 11: Fitur, Tanggal Launching dan Yang lain untuk Windows Generasi Selanjutnya

Jadi membuka web manufacturing computer dan saksikan mode computer yang dipunyai. Check menyaksikan berapa banyak RAM yang dipunyai dan seberapa banyak yang hendak disokong. Bila kamu punyai ruang dan uang karena itu up-grade RAM.

3. Check Drivers

Sistem ini dilaksanakan untuk pemakai yang pirantinya nge-lag sesudah penyempurnaan Windows 10. Pada intinya, mekanisme operasi itu menyenangi driver generiknya sendiri dibanding driver faksi ke-3 .

Maknanya ada peluang Windows 10 akan menukar drivers lama saat memasang penyempurnaan. Disamping itu ada pula peluang drivers kamu peluang telah kuno dan kemungkinan membuat lamban.

Untuk memeriksa driver di computer, baca triknya berikut ini:

  • Pencet Windows dan pencet R
  • Tulis devmgmt.msc dan pencet Enter.
  • Saat ini check driver penting terutamanya Display Driver. Click 2x pada Display Adaptors dan ganda click kembali pada penampilan piranti juga.
  • Click tab Driver.

Saksikan info yang didatangkan, bila driver provider ganti maknanya piranti lamban karena penggantian driver. Hanya click tombol Uninstall dan turuti perintah yang berada di monitor. Sesudah tidak terpandang kembali, karena itu kamu dapat mengambil dan memasangkan driver faksi ke-3 atau kembali lagi ke awalnya.

Bila permasalahan belum usai , karena itu dapat mengupdate driver. Masuk ke web manufacturing dan saksikan versus driver paling akhir. Bila mendapati up-dated driver lalu unduh driver file, turuti cara ini:

  • Tahan Windows dan pencet R
  • Tulis devmgmt.msc dan pencet Enter
  • Click 2x pada kelompok piranti yang diketemukan pada driver paling akhir. Sesudah mendapatinya click Display Adaptors.
  • Click kanan piranti dan click Update Driver Software.
  • Tentukan Browse my komputer dor driver software.
  • Click Browse dan navigasikan ke lokasi di mana driver terunduh, tentukan driver dan click Open.
  • Click Next dan turuti perintah tambahan pada monitor.
🔴 TRENDING:  Kesan Pertama Windows 11: Pemikiran Para Pengguna Mengenai Pemakaian Sistem Operasi Baru Microsoft

4. Fragmentasi

Sebagai catatan, bila mempunyai SSD lalui saja cara ini. Karena tidak ada fungsinya untuk lakukan defragmentasi SSD.

Fragmentasi sebagai file dalam drive terfragmentasi di hard drive. Ini maknanya sisi dari file menyebar jauh di hard drive. Ini akan perlambat PC karena harus kumpulkan sisi file dari semua Hard Disk.

Ini cara untuk lakukan defragmentasi, tetapi dengan catatan akan memerlukan waktu yang lama dan pastikanlah kamu tidak lakukan hal-hal lain pada computer:

  • Tahan Windows dan pencet R.
  • Tulis dfrgui dan pencet Enter.
  • Tentukan drive yang ingin didefragmentasi dan click Analyze. Ini akan memperlihatkan status drive dan sekitar apa drive difragmentasi. Kamu wajib melakukan defragmentasi bila drive lebih dari 10% terfragmentasi. Tetapi tidak ada kesusahan untuk lakukan defragmentasi walau drive tidak terfragmentasi sampai 10%.
  • Saat analitis telah usai, kamu akan menyaksikan status fragmentasi pada drive. Bila drive yang diputuskan sudah benar-benar terfragmentasi, tentukan drive dan click Optimize. Maka mulai proses defragmentasi.

5. Scan Virus

Ada saatnya Windows lamban karena virus, bersama dengan malware umumnya meng-install program di computer. Program akan berjalan pada background.

Program itu memakai sumber daya computer dan internet, terutamanya bila mengirim info penting kembali ke penjahat.

Kamu harus buka program antivirus dan lakukan penyekenan pada mekanisme. Tidak boleh kerjakan scan cepat karenanya tidak demikian efektif seperti penyekenan yang dalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *