Rekomendasi Utama dan Tips Membeli Laptop Baru Saat Ini

5 Rekomendasi Utama dan Tips Membeli Laptop Baru Saat Ini

Laptop sudah menjadi kebutuhan mutlak bagi pegawai kantoran dan pelajar, terlebih lagi di masa WFH sekarang ini. Laptop telah berevolusi menjadi perangkat yang mampu melakukan berbagai aktivitas, termasuk bekerja, belajar, dan bersantai.

Ada banyak dan beraneka ragam laptop yang tersedia saat ini. Selain itu, harga dan model bervariasi. Jika Anda sedang mencari laptop baru untuk WFH, berikut adalah lima tips membeli laptop baru yang perlu diperhatikan.

1. Desain laptop

Seiring kemajuan teknologi, laptop juga berkembang, terutama dalam hal desain. Sebelumnya, laptop berukuran besar; saat ini, laptop ultrathin tersedia. Sebelumnya, layar dan keyboard digabungkan bersama; Namun, kini hadir varian 2-in-1 yang memungkinkan layar dan keyboard dilepas atau dilipat hingga 360 derajat.

Memang, desainnya yang futuristik menarik perhatian. Namun, yang benar-benar penting adalah daya tahannya, terutama pada bagian engselnya. Apakah desainnya kokoh dan tahan lama?

Baca Juga : 8 Rekomendasi Laptop Asus dengan Perbandingan dan Untuk Penggunaannya

Kemudian, tentukan jenis layar yang Anda gunakan, resolusinya, dan sudut pandangnya.

Misalnya, jika Anda memerlukan laptop untuk pekerjaan desain grafis, Anda dapat memilih model dengan panel layar IPS (In-Plane Switching) yang menawarkan kejernihan dan akurasi warna yang superior, serta sudut pandang yang luas. Satu hal yang tidak bisa dipungkiri adalah laptop yang lebih mahal tentunya akan memiliki kualitas tampilan yang lebih tinggi.

2. Dimensi atau ukuran laptop

Pertimbangkan ukuran laptop baru yang Anda pertimbangkan untuk dibeli. Tentu saja, ukuran layar yang Anda pilih akan mempengaruhi ukuran laptop.

🔴 TRENDING:  Syarat Sistem Windows 11: Dapatkah PC Anda Jalankan Sistem Operasi Baru Microsoft?

Daripada itu, pilihlah laptop yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika Anda membutuhkan portabilitas maksimum, pilihlah laptop yang ringkas. Karena dimensinya yang ringkas, memungkinkan Anda untuk mobile dan bergerak dengan mudah.

Laptop seluler biasanya memiliki ukuran layar 12,5 hingga 13,3 inci. Laptop ini memiliki berat antara 1 dan 1,5 kilogram. Meskipun demikian, sangat jarang laptop dengan ukuran seperti itu memiliki spesifikasi yang sangat cepat. Laptop dengan prosesor Intel Core i7 tidak pernah terdengar di perangkat yang kompak ini.

Jika Anda membutuhkan laptop yang tangguh, baik untuk desain atau gaming, suka atau tidak suka, Anda harus memilih laptop layar lebar. Alasan untuk ini adalah karena tubuh yang besar diperlukan untuk menampung komponen yang kuat.

Biasanya, laptop jenis ini memiliki ukuran layar 14 hingga 17,3 inci. Beratnya sendiri bisa mencapai 2 kg.

Dimensi atau ukuran laptop

3. Spesifikasi internal

Ini adalah tips membeli laptop baru dan pertimbangan penting ketika membeli laptop baru. Setidaknya ada empat hal utama yang harus diperhatikan yaitu: jenis prosesor, RAM, VGA, dan kapasitas media penyimpanan.

Saat ini, dua pembuat prosesor yang paling banyak digunakan adalah Intel dan AMD. Kedua perusahaan juga menyediakan berbagai barang prosesor, dengan harga mulai dari satu juta hingga puluhan juta rupiah.

Misalnya, laptop yang sering digunakan untuk mengetik dan browsing bisa lolos dengan Intel Core i3. Untuk mengedit video 4K, Anda memerlukan prosesor Intel Core i7.

RAM adalah aspek lain yang mungkin berpengaruh pada kinerja laptop. Semakin banyak RAM yang dimiliki laptop, semakin banyak kinerja yang dimilikinya untuk multitasking. Saat ini, Windows 10 membutuhkan setidaknya 8GB RAM.

Mayoritas laptop tidak menyertakan port VGA tambahan. Memang, mayoritas prosesor menyertakan unit grafis yang memadai. Namun, jika Anda berniat untuk memainkan banyak game, Anda harus memilih laptop dengan VGA tambahan untuk meningkatkan kinerja.

🔴 TRENDING:  Windows 10 Lelet, Coba Cara dan Tips Ini Buat Menanganinya

Terakhir, ada kapasitas media penyimpanan. Tentu, semakin tinggi kapasitas media penyimpanan, semakin banyak file yang bisa Anda simpan. Padahal, dengan membeli storage tambahan, Anda bisa mengecoh laptop dengan kapasitas storage yang terbatas.

Semakin canggih spesifikasi yang dipilih, pasti akan semakin mahal harganya. Akibatnya, pastikan anggaran Anda sesuai!

4. Tips Membeli Laptop Baru dengan perhatikan Masa pakai baterai

Aspek ketiga ini sangat penting untuk dipertimbangkan saat membeli laptop baru. Laptop yang dijual di pasaran rata-rata memiliki daya tahan baterai berkisar sekitar 6 – 8 jam.

Sejujurnya, masa pakai baterai sulit diukur karena bervariasi sesuai dengan cara laptop digunakan, aplikasi yang dijalankan, dan jenis prosesor yang digunakan. Karena itu, sangat disarankan agar Anda mempelajari banyak ulasan tentang laptop yang ingin Anda beli.

Selain itu, tips membeli laptop baru yaitu dengan memastikan Anda mampu merawat baterai laptop sebaik mungkin untuk memastikan kinerjanya tetap dapat diterima. Misalnya tidak mengisi daya secara terus-menerus, tidak mengisi daya hingga baterai benar-benar habis atau di 0%, mengisi daya saat laptop dimatikan, atau mengisi daya laptop yang tidak terisi penuh.

5. Interkoneksi lengkap 

Tips membeli laptop baru selanjutnya adalah memperhatikan untuk perangkati terhubungan WiFi. WiFi tidak diragukan lagi merupakan kebutuhan di dunia modern. Karena itu, Anda disarankan untuk mencari laptop yang memiliki fitur konektivitas total. Selain memiliki koneksi WiFi, paling tidak pilihlah laptop dengan tiga port USB. Selain itu, sangat penting untuk memiliki konektor pendukung lainnya seperti LAN dan HDMI/VGA.

Namun, karena desain laptop menjadi lebih ramping setiap hari, beberapa konektivitas yang dulu diperlukan secara bertahap menghilang. Banyak produsen sekarang menawarkan laptop ultrabook yang kecil dan memiliki sedikit port, tetapi dilengkapi dengan USB Type-C, yang menawarkan kecepatan transfer data hingga 40Gbps (jika mendukung Thunderbolt 3). Solusinya adalah terus menggunakan dongle sebagai ekstensi port, yang semakin langka.

🔴 TRENDING:  Kesan Pertama Windows 11: Pemikiran Para Pengguna Mengenai Pemakaian Sistem Operasi Baru Microsoft

Selain lima poin yang disebutkan sebelumnya sebagai tips membeli laptop baru, Anda harus mempertimbangkan garansi, fitur pendukung tambahan, dan keamanan, serta anggaran.

Bagaimana jika anggaran yang ada tidak mencukupi untuk membeli laptop baru? Tidak perlu khawatir; Anda dapat mengajukan pembiayaan laptop baru melalui salah satu penyedia pinjaman terdekat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *